Menjaring Calon Pembimbing Tugas Akhir Prodi Sistem Informasi

0 47

JAKARTA BSI News

Halo sobat news, Menjelang periode I bimbingan tugas akhir tahun 2021, Universitas Bina Sarana Informatika mengadakan kegiatan sertifikasi dosen pembimbing Tugas Akhir untuk mengisi di program studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Informatika.

Pelaksanaannya dilakukan pada tanggal 24 Februari 2021 jam 13.00-16.00, acara tersebut diisi dengan pembekalan materi outline Tugas Akhir yang disampaikan oleh Bp. Syaiful Anwar, M.Kom dan ada juga penyampaian tambahan materi UML yang disampaikan oleh ibu. Sunarti, M.Kom.

Sebelumnya dosen peserta sertifikasi juga sudah mengikuti pembekalan materi teknik penulisan Tugas Akhir. Setelah melakukan pembekalan materi pada sesi terakhir dilakukan evaluasi sertifikasi dalam bentuk soal pilihan ganda dan essay yang dikumpulan di akhir waktu melalui email.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan peluang kepada dosen yang sudah mengajar dua semester dan memiliki pendidikan S2 untuk menjadi pembimbing Tugas Akhir di prodi Sistem Informasi. Selain itu untuk mengisi kebutuhan dosen pembimbing Tugas Akhir agar komposisi perbandingan pembimbing dengan mahasiswa menjadi lebih layak dan proses bimbingan menjadi lebih berkualitas.

Acara sertifikasi ini diikuti oleh 57 dosen calon pembimbing. Pemaparan materi pembekalan pertama yaitu 3 outline Utama berupa Proyek Sistem Informasi, Perancangan Program dan Perancangan Sistem Informasi.

Penekanan outline yang pertama pada Proyek Sistem Informasi memiliki 2 sub outline yaitu Laporan Tugas Akhir disertai dengan aplikasinya dan Buku Tutorial, apalikasi disertai dengan manual book. Syarat outline ini dibuat berkelompok maksimal 3 orang, melakukan riset serta dilengkapi surat serah terima sebagai bentuk implementasi aplikasi pada perusahaan.

Pada outline Perancangan Program bisnis memiliki 3 sub outline yaitu Perancangan Program bisnis dengan melakukan observasi, Perancangan Program dengan melakukan riset dan Perancangan Program bentuk Game/IoT/Augmented. Outline Perancangan Sistem memiliki 3 sub outline yaitu Perancangan Sistem belum terkomputerisasi, Perancangan Sistem sudah terkomputersasi dan Perancangan Sistem Alternatif.

Dengan pembekalan calon dosen pembimbing yang mengikuti evaluasi sertifikasi diharapkan apabila lulus sertifikasi dapat memahami ragam outline Tugas Akhir yang ada di prodi Sistem Informasi. (Syaiful)

Leave A Reply

Your email address will not be published.