PERSAMAAN PERSEPSI MATA KULIAH CHARACTER BUILDING

0 2,256

JAKARTA BSI News.

Pada tanggal 04 Maret 2021, diadakan persamaan persepsi mata kuliah Character Building secara daring dengan menggunakan media zoom meeting. Kegiatan ini dihadiri oleh 50 dosen pengajar Character Building di Universitas Bina Sarana Informatika.

Narasumber kegiatan ini seharusnya Ibu Ani Rakhmanita, S.E., M.M namun dikarenakan ada kegiatan lain maka digantikan oleh Ibu Idah Yuniasih, M.Pd, kegiatan persamaan persepsi ini merupakan kegiatan regular yang dilakuakan dalam rangka menyamakan persepsi dosen pengajar supaya outpun pembelajaran maksimal.

Ibu Idah memberikan penjelasan secara detail mengenai RPS, RTM dan Silabus Mata Kuliah Character Building dikarena ada beberapa perubahan agar dosen-dosen lebih mengerti dan memahami materi. Dalam mata kuliah character buidling diberikan tugas individu salah satunya mahasiswa diminta membuat Deskripsi Diri Sendiri, The Buddy System, Membuat Resensi Film, Mengidentifikasi Konflik, Pendidikan Anti Korupsi, dan Membuat Artikel dengan tujuan mengelola imajinasi, persepsi dan nalarnya, memikirkan tata kelola yang futuristik namun konstruktif sebagai upaya pencapaian tujuan SDGs di Indonesia maupun solusi keprihatinan bangsa Indonesia.

SGDs merupakan mandat PBB dalam rangka mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. SDGs berlaku bagi seluruh negara (universal), sehingga seluruh negara tanpa kecuali negara maju memiliki kewajiban moral untuk mencapai tujuan dan target SDGs. Selain SDGs ada 6 Isu Keprihatinan Bangsa Indonesia yaitu: Korupsi, Narkoba, Radikalisme & NKRI, Bencana Alam, Bahasa Daerah dan Konservasi Satwa Liar. Harapannya mahasiswa mampu berpikir kritis dan tanggap terhadap SDGs maupun Isu Keprihatinan Bangsa Indonesia.

Pada sesi tanya jawab banyak dosen yang bertanya mulai dari variabel ataupun indikator penilaian tentunya dengan adanya Rencana Tugas Mahasiwa (RTM) sudah memuat indikator penilaian serta Rubrik Penilaian secara jelas, tiap tugas yang diberikan kepada mahasiswa. Dikarenakan pembelajaran belum bisa dilakukan secara luring dikarenakan Pandemi Covid 19 ini maka dosen dipersilakan untuk membuat video pembelajaran ataupun melakukan kegiatan belajar mengajar memanfaatkan media pembelajaran yang ada yaitu aplikasi elearning MyBest, Zoom Meeting, Google Meet dan media lainnya, tentunya sesuai dengan kesepakatan antara dosen dan mahasiswa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.