Persamaan Persepsi Mata Kuliah Statistik Probabilitas Prodi Manajemen FEB UBSI

0 208

Statistik merupakan salah satu mata kuliah keahlian yang menekankan pada pengolahan data secara struktur disertai dengan perhitungan-perhitungan yang akurat. Dibutuhkan penguasaan secara teori dan praktik dalam implementasinya. Lulusan Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) khususnya Program Studi Manajemen diharapkan mahir dalam olah data. Menyikapi hal tersebut Prodi  Manajemen FEB UBSI menyelenggarakan kegiatan persamaan persepsi bagi dosen-dosen pengampu mata kuliah statistik probabilitas, pada Selasa (9/3) secara daring melalui zoom meeting..

Dalam sambutannya Ida Zuniarti selaku Ketua Program Studi (kaprodi) manajemen menjelaskan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini agar terdapat persamaan visi dan persepsi bagi dosen statistik probabilitas serta selalu mengacu pada RPS, RTM, dan silabus mata kuliah dalam menyampaiakan materi kepada mahasiswa.

“Kegiatan ini dilakukan agar ada kesamaan dalam pola pembelajaran terkait materi yang akan disampaikan ke mahasiswa khususnya mata kuliah statistik probablitas”, jelas  Ida.

Kegiatan yang diikuti oleh 16 orang dosen ini menghadirkan  Sofyan Marwansyah selaku narasumber. dan penanggung jawab mata kuliah statistik probabilitas. Pada pemaparannya Sofyan menjelaskan tentang capaian pembelajaran, topik-topik bahasan, mekanisme  pengajaran  dan kelengkapan bahan ajar. Menurutnya, statistik probabilitas wajib diajarkan secara mendalam dan lebih ditekankan pada kasus-kasus analisis.

“Jadi bapak ibu dalam memberikan materi statistik probabilitas ini yang ditekankan adalah penjelasan yang mendalah serta soal-soal berupa kasus-kasus, agar daya analisis mahasiswa terasah”, ujar Sofyan.

Sofyan juga menyinggung tentang penggunaan perangkat bahan ajar seperti video pembelajaran, tabel statistik, modul-modul slide sangatlah penting dan menjadi kunci keberhasilan dosen dalam memberikan materi.

“Agar tujuan dari mata kuliah ini tercapat maka perlu juga bapak ibu menyiapkan penungjangnya dalam mengajar seperti video pembelajaran, tabel perhitungan, slide dan lainnya agar mahasiswa juga mudah dalam memahami”, lanjut Sofyan

Pada sesi tanya jawab, dosen-dosen sangat antusias mengajukan pertanyaan dan juka memberikan  masukan-masukan yang akan menjadi bahan kajian peningkatan mutu dari mata kuliah statistik probabilitas ini. Kegiatan diakhir dengan foto bersama.

Leave A Reply

Your email address will not be published.