MAHASISWA PRODI SISTEM INFORMASI UBSI PONTIANAK SIAP LULUS TEPAT WAKTU DI MASA PANDEMI

0 13

PONTIANAK BSI NEWS.

Memasuki semester genap 20/21, mahasiswa semester 6 Sistem Informasi UBSI Kampus Pontianak akan memasuki masa akhir perkuliahan dan membuat Tugas Akhir sebagai syarat kelulusan Program Studi Sistem Informasi (D3). Tugas akhir sendiri merupakan suatu karya tulis ilmiah yang dihasilkan mahasiswa berdasarkan observasi atau riset di DUDI (Dunia Usaha/Dunia Industri) dan masyarakat.

Tujuan dari tugas akhir ini selain sebagai syarat kelulusan, juga untuk menerapkan keilmuan yang telah didapatkan mahasiswa  sejak semester 1 hingga semester 5. Hal ini bagian dari penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dimana mahasiswa dapat mendukung dan memecahkan permasalahan yang ada di DUDI dan masyarakat, sehingga bersinergi menciptakan suatu solusi yang berdaya guna, berkualitas serta memiliki nilai inovasi dan kreatif.

Persiapan menghadapi tugas akhir bagi mahasiswa semester 6 ini, dilakukan dalam bentuk kegiatan Sosialisasi Outline Tugas Akhir pada hari Rabu tanggal 10 Maret 2021 dengan tema “Sinergi Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa”. Kegiatan yang dimoderatori oleh Ibu Wanty Eka Jayanti, M.Si, M.Pd dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting conference mulai pukul 16.00-18.00 WIB.

Narasumber kegiatan ini adalah Ketua Program Studi Sistem Informasi UBSI Kampus Pontianak Bapak Muhammad Sony Maulana,ST., M.Kom. Dalam kesempatan ini beliau memaparkan pentingnya memiliki Tugas Akhir yang berkualitas serta memiliki nilai inovasi dan kreatifitas mahasiswa melalui outline tugas akhir berupa perancangan sistem, perancangan program dan proyek sistem informasi.

Mengingat kondisi Kota Pontianak yang masih terdampak Pandemi Covid 19, mahasiswa dapat menggunakan data-data saat PKL ataupun melakukan observasi secara daring terhadap perusahaan atau instansi dengan tetap mendapatkan ijin dari perusahaan atau instansi tersebut. Penekanan terhadap outline perancangan program dan proyek sistem informasi adalah agar mahasiswa dapat mengimplementasikan Tugas Akhirnya dan melakukan serah terima aplikasi serta mengurus Hak Kekayaan Intelektual (HKI) agar menjadi portfolio bagi mahasiswa itu sendiri. “Ujar Sony”

Kegiatan dihadiri oleh 215 mahasiswa ini berlangsung dengan pemaparan materi oleh narasumber dan dilanjutkan dengan diskusi seputar outline tugas akhir yang dipilih oleh mahasiswa. Beberapa pertanyaan seputar diantaranya penerapan outline proyek sistem informasi dan perbedaannya dengan outline perancangan program. Kesimpulannya keduanya merupakan tugas akhir yang menghasilkan produk berupa aplikasi jadi yang siap diimplementasikan, tetapi proyek sistem informasi difokuskan kepada aplikasi yang lebih kompleks dan berskala besar dan laporannya dirangkum menjadi buku tutorial karena outine ini berkelompok dan maksimal 3 orang. Sedangkan outline perancangan program dibuat oleh individu dan laporannya berupa Tugas Akhir. “Ujar Wanty”

Webinar sosialisasi outline tugas akhir ini merupakan salah satu upaya Program Studi Sistem Informasi UBSI Kampus Pontianak dalam meningkatkan kualitas karya tulis ilmiah yang dihasilkan para mahasiswa. Sehingga memberikan dampak positif dan penyemangat mahasiswa untuk terus berkarya dan beprestasi di tengah Pandemi Covid 19.

Leave A Reply

Your email address will not be published.