SOSIALISASI TUGAS AKHIR PRODI SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS BSI “Sinergi Dalam Meningkatkan Mutu Karya Ilmiah Mahasiswa”

0 16

JAKARTA BSI NEWS.

Program studi sistem informasi Kampus Utama Universitas BSI  mengadakan sosialisasi tugas akhir pada tanggal 09 maret 2021 pukul 10.00- 12.00 WIB dan  tanggal 10 Maret 2021 pukul 15.00-17.00 secara virtual yaitu memanfaatkan media zoom, hal ini dikarenakan pandemic Covid-19 yang masih berlangsung.

Kegiatan sosisalisasi diperuntukan untuk mahasiswa program studi sistem informasi semester enam. Kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh moderator. Dalam kegiatan sosialisasi ini bertindak sebagai moderator yaitu ibu Nining Suryani,M.Kom. Acara selanjutnya adalah sambutan oleh Kepala Program Studi Sistem Informasi Kampus Jakarta yaitu Bapak Sriyadi, M.Kom. Bapak Sriyadi  menyampaikan tujuan dari penyelenggaraan Sosialisasi ini yang merupakan kolaborasi antara program studi dengan mahasiswa untuk menyiapkan proses Tugas AKhir yaitu terkait dengan penjelasan outline-outline yang ada dan memberikan gambaran mengenai  proses Tugas Akhir serta mahasiswa dapat memilih outline sesuai dengan keahlian dan kemampuan masing-masing.

Ketepatan pemilihan outline sesuai dengan keahlian dan kemampuan mahasiswa pada akhirnya mampu membuat mahasiswa lulus tepat waktu dengan nilai terbaik. Bapak Sriyadi juga  menyampaikan pesan untuk mahasiswa agar membuat  midset “harus agresif untuk berkomunikasi dengan pembimbing” karena komunikasi yang baik akan mempermudah mahasiswa menyelesaikan Tugas Akhir.

Bapak sriyadi menyampaikan mengenai impian program studi dari hasil kegaitan ini yaitu seluruh  mahasiswa semester enam dapat mendaftar Tugas AKhir, dapat melalui proses bimbingan dengan baik, melaksanakan sidang Tugas Akhir dan WIsuda. Acara selanjutnya adalah pemaparan materi oleh  pembicara pertama yaitu bapak andriansah, M.Kom dan pembicara ke dua yaitu bapak Moachammad Nandi Susila, M.Kom. kegiatan pada sesi pertama yaitu tanggal 09 maret 2021 dihadiri oleh 813 mahasiswa dan kegiatan sosialisasi di sesi kedua yaitu tanggal 10 maret 2021 dihadiri oleh 589 mahasiswa.

Selaku Pembicara pertama bapak andriansah, M.Kom menjelaskan mengenai syarat-syarat mahasiwa yang dapat mengambil Tugas Akhir,  memberikan informasi mengenai  prosedur bimbingan sehingga tata karma dalam bimbingan dengan dosen pembimbing terjalin baik, menginformasikan tangal-tanggal penting untuk mahasiswa, memberikan saran dan teknik pengambilan judul Tugas akhir sehingga dapat di setujui oleh pembimbing tugas akhir, serta menyampaikan mengenai outcome yang akan dicapai mahasiswa untuk setiap outline yang ada.

Bapak  Andriansah juga menyampaikan mengenai gambaran secara umum dari setiap outline. Materi kedua disampaikan oleh Bapak Mochammad Nandi mengenai outline yang ada di program studi sistem informasi secara detail sehingga mahasiswa tidak melakukan salah dalam memilih outline Tugas Akhir. Program studi sistem informasi memiliki tiga outline yaitu proyek sistem informasi, perancangan sistem dan perancangan program. Bapak Nandi memberikan informasi mengenai  apa saja yang harus dipenuhi oleh mahasiswa dari setiap outline atau output  yang harus ada dari setiap outline yang ada.

Memaparkan mengenai sistematika penulisan untuk setiao outline dan memeberikan tip penulisan setiap bagiannya. Sehingga mahasiswa mengetahui isi dari setiap outline yang ada. Pak nandi memaparkan mengenai teknik bagaimana membuat latar belakang yang sesuai dengan kaidah penulisan karya ilmiah.   

Bagaimana  menuliskan prosedur sistem berjalan, dan memberikan saran penulisan untuk prosedur sistem nya serta menyarankan unnuk mampu mendetailkan prosedur. Diakhir pemaparan mahasiswa  diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang telah disampaikan. Mahasiswa sangat antusias mengenai Tugas akhir yang akan mereka tempuh. Pertanyaan yang disampaikan mengenai tata cara pendaftaran sampai dengan ketentuan pendaftaran pembicara memberikan jawaban sesuai dengan ketentuan yang ada. Kegiatan diakhiri dengan dokumentasi kegiatan.  Dari pelaksananan kegiatan sosialisasi diharapkan mahasiswa mampu memilih outline sesuai keahlian dan mampu menghasilkan Tugas AKhir yang berkwalitas pada akhirnya meningkatkan kemampuan mahasiswa membuat artikel ilmiah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.