Tingkatkan hasil tugas akhir mahasiswa, UBSI Tasikmalaya adakan sosialisasi

0 366

TASIKMALAYA BSI NEWS.

Mahasiswa dalam menyelesaikan pendidikan Program Diploma berkewajiban untuk menyusun sebuah laporan atau karya dalam bentuk Tugas Akhir pada Program Diploma Tiga (D3). Laporan karya ilmiah yang berisikan berbagai ulasan yang menunjukkan kualitas penyusunnya secara intelektual. Dalam proses penyusunannya mahasiswa didampingi oleh dosen pembimbing, yang selalu berpegang pada Pedoman Laporan Tugas Akhir pada Program Diploma Tiga (D3) dan wajib menjunjung tinggi kejujuran akademik.

Berangkat dari pemikiran tersebut di atas maka pihak akademik akan terus selalu berinovasi dan memperbaiki semua aspek yang menjadi kendala. Salah satu aspek yang dapat meningkatkan kualitas dari mahasiswa yang ada di Universitas Bina Sarana Informatika adalah dari sisi kualitas bahwa setiap mahasiswa wajib melakukan PKL/riset. Untuk dapat menghasilkan Laporan Tugas Akhir yang berkualitas, tentunya harus pula didukung oleh perangkat petunjuk pelaksanaannya berupa Pedoman Laporan Tugas Akhir dan agar mahasiswa tidak salah dalam memilih outline tugas akhir dan dapat selesai tepat pada waktunya maka diadakan kegiatan sosialisasi Tugas Akhir.

Rabu, 10 Maret 2021 dilaksanakan sosialisasi Tugas Akhir secara virtual melalui aplikasi zoom yang dihadiri oleh mahasiswa tingkat akhir Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Kota Tasikmalaya yang berjumlah kurang lebih 87 peserta. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Bapak Deddy Supriadi, M.Kom selaku Ketua prodi Sistem Informasi Kampus Kota Tasikmalaya, dan kegiatan ini dipandu oleh moderator Ai Ilah Warnilah, S.T,M.Kom.

Pada kesempatan ini Bapak Deddy menyampaikan beberapa hal terkait penyusunan tugas akhir meliputi pedoman penulisan, pembuatan program atau aplikasi, tanggal-tanggal penting, tatacara bimbingan sampai dengan ketentuan surat dan tempat riset serta outline yang dapat dipilih oleh mahasiswa dan simulasi ujian sidang. Setiap outline dijelaskan pula bagaimana sistematika penulisan laporan dan standar-standar yang harus dipenuhi agar Tugas Akhir mahasiswa dianggap layak untuk disidangkan.

“Kegiatan sosialisasi ini diadakan dengan tujuan untuk memberikan bekal terhadap para mahasiswa agar mereka mengetahui secara detail apa saja yang diperlukan serta harus dikerjakan dalam menyususn laporan tugas akhir di masing-masing outline, sehingga mahasiswa tidak kehilangan arah, ide dan motivasi dalam nenjalankan Tugas Akhir (TA)” tutur Bapak Deddy selaku narasumber.

Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa paham terhadap outline Tugas Akhir yang akan di ambil, selain itu mahasiswa juga dapat melakukan diskusi sekiranya masih ada hal-hal yang belum di mengerti terkait teknis penyusunan tugas akhir pada kesempatan ini sehingga mahasiswa dapat mengikuti proses bimbingan tugas akhir sesuai prosedur dan lulus tepat waktu. *RCB

Leave A Reply

Your email address will not be published.