Lulusan Prodi Sistem Informasi Universitas Bina Sarana Informatika “menjadi It Consultan..? Siapa Takut !!”

0 85

JAKARTA BSI NEWS.

Kali ini Ceria – Cerita Karir Alumni Program Studi Sistem Informasi  akan mengenalkan seorang alumni yang bekerja sebagai konsultan IT.

Dia adalah Teddy Ramdhani, yang biasa disapa dengan nama Teddy, seorang laki-laki kelahiran Sukabumi, merupakan alumnus dari Kampus UBSI Fatmawati Program D3 Sistem Informasi.

Setelah lulus dari bangku kuliah, pada akhir 2019 Teddy bergabung dengan salah satu vendor IT yaitu PT.Ameliore Solusi Analitika yang bekerjasama dengan perusahan telekomunikasi terbesar di Indonesia yaitu PT. Telkomsel Indonesiasebagai  IT Consultan hingga saat ini.

Menurut Teddy, pengalaman yang paling menyenangkan atau hal yang positif selama ia bekerja sebagai IT Consultant, pertama adanya  Learning curves (Kurva Pembelajaran) yang sangat tinggi, jadi biasanya akan di assign ke project yang berbeda-beda dengan domain yang berbeda-beda juga misalkan ke domain  Finance atau Operational yang artinya kita harus sangat paham dengan domain tersebut sehingga dengan sendirinya kita akan belajar sangat banyak dari segi proses bisnisnya dan hal ini poin penting yang akan pertama dijual.

Kedua Teddy bisa mengexplorasi tools-tools kekinian atau tools-tools paling update. Contohnya diproject sebelumnya ia menggunakan Oracle EBS Tools dan saat ini sedang menggarap sebuah project di  Telkomsel menggunakan SAP HANA dimana tools ini sendiri untuk harga lisensinya pun sangat mahal. Ketiga adalah belajar bagaimana untuk hidup yang tetap, karena setiap hari ditempat kerja sangat dinamis berisi kumpulan masalah dan harus segera di selesaikan, sehingga terbentuk pola pikir  bagaimana mencari solusi dengan approach (pendekatan ) yang paling optimal.

Dengan pengalaman pekerjaan yang telah digeluti,menurut Teddy, skill  yang harus disiapkan oleh mahasiswa dalam menghadapi persaingan kerja saat ini dalam bidang IT, adalah yang pertama softskill Enterpersonal Relationship yaitu kemampuan berkomunikasi dengan manusia (Client/User). Sebagai contoh misalnya untuk negosiasi dengan user, bagaimana bisa mempengaruhi user agar dapat mendefinisikan requirement (kebutuhannya).

Kedua , khusus untuk IT Consultant  yang tujuan utamanya adalah sebagai jembatan antara dunia bisnis dengan dunia teknologinya. Jadi disini lebih banyak berkomunikasi dengan Business Usernya mengenai apa saja yang mereka butuhkan, value apa saja yang ingin mereka capai dan kemudian hal itu akan dikonversikan menajdi requirement design yang akan dikerjakan.

Untuk meningkatkan karir ke jenjang  yang lebih tinggi menurut Teddy  selain skill yang dimiliki, kejujuran juga murapakan hal utama disamping perbanyak belajar terutama yang berkaitan dengan dunia IT serta jangan lupa kerja  keras dan berdoa, itu adalah kunci kesuksesan.

Menurut Teddy, suka dan duka menjadi seorang konsultan itadalahsuka dengangaji yang relatif tinggi dan sebuah Profesi yang dianggap keren  dimata masyarakat. Sedangkan untuk dukanya yaitu dituntut untuk siaga/bisa, sering diandalkan, dan di IT Consultant itu biasanya pekerjaannya tumpang tindih,tuntutan harus bisa  semuanya untuk pekerjaan/ projek yang berbeda.

Saran untuk adik tingkat,”… mumpung masih kuliah dan masih banyak waktu luang untuk belajar, silakan pelajari hal-hal yang temen-temen suka, banyak membaca buku dan update terhadap perkembangan Teknologi (jika ingin berkarir di dunia IT) dan kalau misalnya sudah lulus kuliah terus cari kerja itu jangan pilih-pilih, yang penting cari pengalaman dulu. Karena pastinya banyak sekali ilmu yang bisa didapat baik itu di konsultan, programmer, analis data since, dan sebagainya. Masalah enak atau tidaknya itu tergantung kita bisa cepat beradaptasi atau tidak” kata Teddy .

Leave A Reply

Your email address will not be published.