Inovasi Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19

0 45

BSINews, Jakarta – Pandemi Covid-19 sangat berdampak besar pada berbagai sektor, salah satunya pendidikan. Dunia pendidikan juga ikut merasakan dampaknya.

Dari hal itu, pendidik harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun peserta didik berada di rumah. Solusinya, pendidik dituntut mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring (online).

Baca Juga : Tingkatkan Kualitas Program Kerja Pendidikan Jarak Jauh dan E-learning melalui AMI

Ini sesuai dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia terkait Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Sistem pembelajaran dilaksanakan melalui perangkat Mobile Phone, Personal Computer (PC) atau laptop yang terhubung dengan koneksi jaringan internet. Proses belajar mengajar akhirnya berubah dari bertatap muka secara langsung dikelas menjadi pembelajaran berbasis jaringan/internet atau yang biasa disebut dengan istilah daring.

Tidak sedikit peserta didik bahkan pendidik yang masih belum terbiasa dengan sistem pembelajaran daring ini. Oleh karena itu, dosen Program Studi Ilmu Komputer (S1) Universitas Bina Sarana Informatika menyelenggarakan sosialisasi/pelatihan terhadap peserta didik khususnya pada warga RT. 002/RW.002 Tegal Parang, Jakarta Selatan, pada Sabtu dan Minggu, 13 dan 14 Maret 2021 secara daring via zoom.

Pelatihan tersebut mengangkat tema ‘Pemanfaatan Internet Dalam Menunjang Kegiatan Belajar Mengajar Di Masa Pandemi Covid-19’.

“Pelatihan ini diharapkan mampu menambah pemahaman dan keterampilan para peserta agar lebih mampu memanfaatkan layanan internet dengan lebih bijak untuk menunjang proses belajar mengajar di masa pandemi Covid-19 saat ini,” ungkap Atang Saepudin, selaku ketua pelaksana pengabdian masyarakat.

Baca Juga : Tingkatkan Mutu Pendidikan, Prodi Penyiaran Universitas BSI Laksanakan AMI Siklus 4

Sementara itu, Fuad Nur Hasan, selaku tutor menyampaikan materi terkait dengan pemanfaatan internet dalam menunjang kegiatan belajar.

Selain itu Riska Aryanti, yang juga selaku Tim Tutor juga menyampaikan tips dan trik dalam menggunakan internet sebagai media pembelajaran dari sumber-sumber referensi lainnya. Para peserta sangat antusias dalam kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.