PENGABDIAN MASYARAKAT PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK STRATEGI BRANDING PADA YAYASAN PANTI ASUHAN AR-RIDHO DEPOK

0 310

Bertepatan pada hari Minggu tanggal 14 Maret 2021, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika mengadakan Program Pengabdian Masyarakat dengan tema pemanfaatan media sosial untuk strategi branding pada Yayasan panti asuhan Ar-Ridho.

Pada kesempatan kegiatan pengabdian masyarakat ini dipaparkan mengenai pemanfaatan media social dalam peningkatan strategi branding,  sebagaimana yang diketahui bahwa social media Sosial media saat ini sedang marak atau banyak digunakan perusahaan, pelaku usaha kecil dan menengah, dalam melakukan pemasaran atau mengenalkan program – program kegiatanya baik yang akan dilakukan ataupun yang telah dilakukan, menurut Andreas Kaplan dan Michael Haelein mendefinisikan media sosial sebagai sebuah kelompok aplikasi berbasis internet, fenomena yang terjadi diindonesia dimana Pengguna internet di Indonesia pada awal 2021 ini mencapai 202,6 juta jiwa.

Jumlah ini meningkat 15,5 persen atau 27 juta jiwa jika dibandingkan pada Januari 2020 lalu. Total jumlah penduduk Indonesia sendiri saat ini adalah 274,9 juta jiwa. Ini artinya, penetrasi internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 73,7 persen, sehingga dapat di simpulkan bahwa aktivitas berinternet yang paling digemari oleh pengguna internet diindonesia adalah bermedia social, saat ini ada 170 juta 170 juta jiwa orang Indonesia yang merupakan pengguna aktif media sosial.

Rata-rata dari mereka menghabiskan waktu 3 jam 14 menit di platform jejaring social, dengan Latar belakang fenomena diatas maka kegiatan pelaksanaan Pengabdian Masyarakat berupaya memberikan penyuluhan berupa pemanfaatan media social untuk strategi branding pada Yayasan panti asuhan Ar- Ridho Depok, Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat dilakukan pada tanggal 14 Maret 2021 yang dimulai dari jam 08.45 – 12.00 wib, dengan rangkaian acara diantaranya persiapan dan sambutan  serangkaian    pembukaan yang disampaikan oleh kepala kampus Universitas Bina Sarana Informatika, oleh bapak Taat Kuspriyono, S.Sn, M.M  dimana dalam penyampaiannya beliau mengucapkan terima kasih kepada kepala panti asuhan Ar-Ridho Depok karena kesempatan yang diberikan dalam penyelenggaraan Pengabdian Masyarakat, dan berharap agar ilmu yang disampaikan oleh pemateri  nantinya bermanfaat bagi anggota panti Asuhan Ar-Ridho Depok

Acara kemudian adalah penyampaian materi yang di sampaikan oleh Nurvi Oktiani, SE, MM dengan tema pemanfaatan media social untuk strategi branding pada Yayasan panti asuhan Ar- Ridho Depokdimana dalam Pada kesempatan ini juga pelaksana pengabdian masyarakat mengajak para  peserta Pengabdian Masyarakat, dapat memancing daya kreativitasnya peserta dalam memfaatkan media social dalam upaya peningkatan identitas ataupun persona bagi individual dan juga Yayasan agar dapat mempromosikan ataupun memperkenalkan aktivitas yang dilakukan agar diketahui oleh pihak stakeholder (pihak-pihak yang berhubungan langsung dengan Yayasan).

            Pada Akhir kegiatan Pelaksana pengabdian masyarakat, dan pada kesempatan ini Fakultas Ekonomi dan Bisnis melakukan MOU (Memorandum of Understanding) dengan Yayasan Ar- Ridho Depok, dan diharapkan dengan adanya MOU atau kerjasama kedepannya akan dilakukan kembali serangkaian kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema dan permasalahan yang berbeda dan disesuaikan dengan kebutuhan Mitra yakni Yayasan Panti AsuhanArRidho Depok,

Leave A Reply

Your email address will not be published.