Persamaan Persepsi Mata Kuliah Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi (APSIA)

0 140

BSI NEWS. Dalam rangka persiapan perkuliahan semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021, maka pada tanggal 09 Maret 2021 terselenggara kegiatan Persamaan Persepsi Mata Kuliah Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi (APSIA).

Kegiatan yang dimulai pukul 13:00 sampai dengan 15:00 WIB ini dilaksanakan secara daring (live via Zoom Cloud Meeting) dan diikuti oleh Ketua Program Studi dan Dosen Pengampu Mata Kuliah Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi dari Program Studi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Kampus Utama dan PSDKU, Fakultas Teknik dan Informatika (FTI), Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI).

Sambutan disampaikan oleh Ibu Lisnawanty, M.Kom selaku Ketua Program Studi Sistem Informasi Akuntansi PSDKU Pontianak, dimana proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pada semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021 ini masih akan dilaksanakan secara daring dikarenakan kondisi pandemi yang belum memungkinkan untuk melaksanakan perkuliahan tatap muka. Persiapan konten, konsep pembelajaran, sampai pada bahan tambahan pembelajaran berupa video dipersiapkan semaksimal mungkin sehingga mahasiswa dapat memahami materi yang diterima melalui fitur yang disediakan oleh Universitas Bina Sarana Informatika.

Ibu Siti Masripah, M.Kom selaku Narasumber memaparkan matakuliah APSIA memadukan antara sistem akuntansi dan sistem informasi yang merupakan pengembangan dari matakuliah ini akan mengajarkan mahasiswa dalam membuat sebuah rancangan transaksi dan diharapkan mahasiswa mampu menganalisa dan mengembangkan sistem yang dilakukan menggunakan tools UML, dimana pengembangan menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) salah satu model yaitu Waterfall. Diskusi dipandu oleh Bapak Muhammad Faitullah Akbar, M.Kom selaku Moderator dengan pembahasan mekanisme belajar, Rencana Pembelajaran Semester (RPS), serta Rencana Tugas Mahasiswa (RTM).

Adi Supriyatna, M.Kom selaku Ketua Program Studi Sistem Informasi Akuntansi menegaskan dengan adanya kegiatan Persamaan Persepsi Mata Kuliah Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi ini diharapkan mahasiswa dapat memahami tahapan dalam melakukan analisa dan perancangan sistem informasi sesuai dengan siklus akuntansi, serta dapat mengimplementasikan ilmu yang diperoleh dalam Tugas Akhir yang akan ditempuh mahasiswa Ketika semester 6 (enam). Dengan adanya kegiatan ini diharapkan Dosen Pengampu Mata Kuliah memiliki satu persepsi mengenai capaian dari pembelajaran mata kuliah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.