PENERAPAN METODE BELAJAR DARING PADA WARGA TEGAL PARANG RT 002/02 DI MASA PANDEMI

0 30

JAKARTA BSI NEWS.

Sabtu, 13 Maret 2021, Sebagai salah satu wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi, Prodi Teknologi  Informasi Fakultas Teknologi dan Informatika (FTI) Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) kembali melaksanakan pengabdian masyarakat (PM).

Demi menjaga protokol kesehatan yang tengah digalakkan pemerintah di masa pandemi sekarang ini, maka pelaksanaan pengabdian masyarakat kali ini tidak sepenuhnya diadakan secara langsung di lokasi, namun sebagian agenda seperti penyampaian materi tetap dilakukan secara virtual melalui ZOOM. Keunikan penyelenggaraan PM tersebut tentu tidak menghambat para peserta dalam menyerap informasi yang diberikan. PM yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam tersebut ditujukan untuk Warga Rukun Tetangga 002/02 Tegal Parang – Jakarta Selatan.

“Penerapan Metode Belajar Daring Pada Warga Rukun Tetangga 002/02 Tegal Parang Di Masa Pandemi Covid-19” merupakan tema yang panitia ambil untuk menumbuhkan semangat dan kretifitas belajar warga dalam kondisi pamdemi seperti saat ini. Disisi lain pelatihan ini diharapkan mampu menginspirasi para warga dalam menghadapi situasi pamdemi seperti sekarang utamanya dalam hal belajar daring.

Acara yang berlangsung dari pukul 10.00 WIB di hari sabtu tersebut diawali dengan sambutan perwakilan Universitas Bina Sarana Informatika, yaitu dari Kaprodi Teknologi informasi, dan dilanjutkan dengan sambutan ketua Rt.02 yaitu oleh bpk.Syarifudin.

Berbagai pejelasan bahkan praktik langsung  mengenai system pembelajaran melalui media online ini  disampaikan oleh Suparni, M.Kom. Materi yang terbilang baru dalam lingkungan Warga Rukun Tetangga 002/02 Tegal Parang tersebut tentu mengundang antusiame para peserta, terutama saat sesi diskusi dibuka. Umumnya para peserta baru mengetahui ternyata ada acara yang lebih mudah dan efektif dalam proses pembelajaran yang bias dilakukan dimasa pandemi ini. Karena selama ini mereka hanya mengandalkan aplikasi chatting (Whatsapp) untuk komunikasi dengan pihak sekolah ataupun untuk mengirim video dan soal latihan..

Menurut ketua pelaksana pengabdian masyarakat Prodi Sistem informasi Kampus Bogor FTI UBSI             Ahmad Al Kaafi, M.Kom menyatakan  “Kegiatan rutin di setiap semester ini merupakan salah satu sumbangsih kami dalam mewujudkan tri darma perguruan tinggi. Sekalipun di tengah pandemi, kegiatan ini tetap akan kami jalankan sesuai porsinya demi terwujudnya tujuan yang mulia yaitu masyarakat yang berwawasan, terutama dalam penguasaan soft skill tertentu seperti Penerapan Metode Belajar Daring atau pun soft skill lainnya”.

Selain itu, Bpk. bpk.Syarifudin Selaku Ketua Rt Setempat, menanggapi “Kegiatan seperti ini sangat bernilai bagi warganya, terlebih lagi sebagian dari anak anak di lingkungan kami ini memang masih banyak yang belum tau mengenai pembelajaran yang dilakukan secara online ini . Semoga pelatihan seperti ini dalam berkelanjutan, agar para warga di sini masih bisa tetap  produktif dalam hal belajar tentunya.”

Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang diselenggarakan secara daring tersebut berakhir pada pukul 12:00 WIB, kemudian diakhiri dengan foto bersama secara virtual dan pemberian cinderamata secara simbolis yang diwakilkan oleh panitia dari FTI UBSI.

Leave A Reply

Your email address will not be published.