PENGABDIAN MASYARAKAT PELATIHAN CARA PEMBUATAN AKUN YOUTUBE DI PANTI ASUHAN AR RIDHO DEPOK

0 169

Salah satu bagian dari Tridharma perguruan tinggi adalah pengabdian kepada masyarakat, untuk itu beberapa Dosen dan Mahasiswa dari Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) mengadakan acara kegiatan pengabdian masyarakat.

Acara tersebut telah berlangsung pada hari Minggu,14 Maret 2021 yang acaranya di mulai dari jam 09.00-12.00 di antaranya di mulai dengan persiapan dan sambutan pembukaan yang disampaikan oleh Kepala Kampus Universitas Bina Sarana Informatika, oleh Bapak Taat Kuspriyono, S.Sn., M.M.  dimana dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih kepada Kepala Panti Asuhan Ar-Ridho Depok Jawa Barat karena telah diberikan kesempatan dalam penyelenggaraan Pengabdian Masyarakat, dan berharap agar ilmu yang disampaikan oleh pemateri  nantinya bisa membawa manfaat bagi anak-anak Panti Asuhan Ar-Ridho Depok. Kemudian acara dimulai dengan memberikan pelatihan cara pembuatan akun youtube yang disampaikan oleh Sdri, Santi Rusmayanti, S.E., M.M. secara daring bagi anak-anak yang terdapat di Panti Asuhan Ar Ridho, Kota Depok, Jawa Barat.

            Seperti kita ketahui, saat ini media sosial telah menjangkau seluruh aspek kehidupan manusia, salah satunya melalui media youtube. Youtube merupakan salah satu situs berbagi video daring (dalam jaringan) terbesar di dunia ini diprakarsai oleh tiga orang mantan pegawai PayPal di tahun 2005 untuk membuat media sosial dimana pengguna bisa mengunggah video. 3 mantan pegawai Paypal tersebut membuatnya pada tanggal 14 Februari 2005.

Awalnya, situs ini merupakan sebuah situs yang dipegang secara independen oleh ketiga pemiliknya yang bernama Steve Chen, Chad Hurley, dan Jawed Karim sebelum akhirnya pada akhir 2006 situs ini dibeli oleh Google. Situs ini memberikan pengguna kebebasan untuk mengunggah konten mereka sendiri seperti video klip, klip TV, video musik, hingga video blogging dengan teknologi HTML5 dan Adobe Flash Video yang digunakan. Dalam prakteknya, pengguna situs ini tidak hanya masyarakat biasa, tapi juga media korporat semacam BBC, CBS, Hulu, Vevo, dan berbagai macam organisasi lainnya.

            Adapun tujuan dari Pelatihan Cara Pembuatan Akun YouTube di Panti Asuhan Ar Ridho Kota Depok Jawa Barat yaitu agar anak – anak yang berada di Panti Asuhan Ar Ridho memahami cara pembuatan Akun YouTube, agar anak – anak yang berada di Panti Asuhan Ar Ridho bisa langsung mengaplikasikan untuk membuat akun YouTube, agar menambah wawasan dan Ilmu pengetahuan anak – anak di Panti Asuhan Ar Ridho mengenai cara pembuatan akun YouTube dan manfaatnya bagi kehidupan sehari – hari.    

Manfaat youtube di antaranya sebagai media edukasi, menciptakan inspirasi permainan yang kreatif untuk anak, sebagai wadah apresiasi untuk mengaktualisasi diri sekaligus mencari rezeki, mengakses dan berbagi informasi seputar hal -hal teknis, mengakses video streaming, mengenalkan dan memasarkan produk, video yang telah di upload bisa di unduh dan bisa di lihat kapan saja dan di mana saja. Pada kesempatan ini ketua penyelenggara Syabrinildi, S.E., M.M. mengharapkan acara pengabdian masyarakat ini bisa mengajak anak-anak panti asuhan untuk bisa meningkatkan kemampuan, berbagai ilmu yang bermanfaat melalui media sosial berupa akun youtube.

            Acara kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini ditutup dengan melakukan MOU (memorandum of understanding) antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) dengan pengurus Yayasan Panti Asuhan Ar Ridho Kota Depok Jawa Barat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.