PENYULUHAN PUBLIC SPEAKING YAYASAN PANTI ASUHAN DARUSSALAM DEPOK

0 108

Sabtu, 13 Maret 2021,  telah diselenggarakan Pengabdian Masyarakat yang bertempat di Yayasan Panti Asuhan Darussalam, Depok, Jawa Barat. Pada kesempatan tersebut kelompok kami  yang beranggotakan  Nanang Lidwan, S.S.I., M.Ag. (200809798), Tri Kuryanti, S.Pd., M.Pd. (202003033), Wawan Ridwan, S.Ag., M.Pd. (201102180), Sabaruddin Siagian, S.E., M.M. (200903214), Fardhan Hafiz R (12192336), Rizky Budi Hermansyah (12192240), dan Rivaldo Fransisco (12192794) memberikan penyuluhan public speaking atau berbicara di depan umum di Panti Asuhan Darussalam, Depok.

Pengabdian kepada masyarakat ini merupakan salah satu visi dari Tri Dharma perguruan tinggi di Indonesia untuk menjalin kedekatan antara para akademisi khususnya dosen sebagai penyampai materi dalam perkuliahan dengan masyarakat sekitar sekaligus wujud kepedulian sosial dari dosen  .

Pembicara atau tutor dalam penyuluhan public speaking di Panti Asuhan Datussalam, Depok ini adalah Ibu Tri Kuryanti, S.Pd., M.Pd. Dalam penyampaian materi penyuluhan public speaking tersebut, tutor Tri Kuryanti menjelaskan  bagaimana cara mudah memberikan pidato di depan umum yang baik sehingga pesan-pesan (messages) yang ingin  disampaikan kepada pendengar dapat dimengerti dengan baik. Tutor Tri Kuryanti juga menjelaskan hambatan-hambatan dalam menyampaian pidato di depan umum, khususnya hambatan beban psikogis dalam menghadapi pendengar yang banyak.

Dalam penjelasannya, tutor Tri Kuryanti kepada para penghuni Panti Asuhan Darussalam mengatakan,  perlunya  memotivasi diri sendiri supaya memberanikan diri berpidato atau berbicara dengan umum kendati ada rasa takut atau rasa gugup yang menghinggapi dalam berpidato. Untuk itu,  tutor Ibu Tri menyampaikan diperlukan  wadah di lembaga-lembaga pendidikan, khususnya sekolah, supaya menyiapkan wadah untuk pelatihan dalam melatih keberanian berpidato di depan dan bagaimana melatih  berpidato di depan umum dengan efisien dan efektif serta menumbuhkan kepercayaan diri dalam berbicara dengan umum.

Pada akhirnya, manfaat Pengabdian Masyarakat terkait penyuluhan public speaking atau berbicara di depan umum ini bagi penghuni Panti Asuhan Darussalam adalah menambah kepercayaan diri dalam berbicara atau menjadi pribadi mudah berkomunikasi atau berbicara dan mampu berbicara di depan umum dengan baik serta  meningkatkan kepercayaan diri mereka untuk mendukung mencapai atau meraih cita-cita mereka.

Dikarenakan masa pandemi Covid – 19 sesuai ketentuan dari pemerintah untuk melaksanakan pembelajaran secara jarak jauh, maka penyampaian materi penyuluhan public speaking pada Pengabdian Masyarakat  dari kelompok kami dilakukan dengan menggunakan fasilitas Zoom Meeting. Pelatihan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 13 Maret 2021, yang dimulai pukul 14.30 sampai dengan 16.00 WIB, di Panti Asuhan Darussalam, Depok, Jawa Barat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.