UBSI KENALKAN DESAIN GRAFIS CANVA DALAM PENGABDIAN MASYARAKAT BAGI PARA ANGGOTA AMI DKI JAKARTA “PARAMITA JAYA”

0 94

Jakarta, hari Minggu, 13 Maret 2021 Fakultas Komunikasi dan Bahasa, Universitas Bina Sarana Informatika, bekerjasama dengan mitra AMI (Asosiasi Museum Indonesia) DKI Jakarta “Paramita Jaya”  mengadakan webinar pengabdian masyarakat.

Kegiatan ini merupakan salah satu dari Tridharma perguruan tinggi dimana terdiri dari para dosen dan beberapa mahasiswa. Meskipun Indonesia masih dalam masa pandemi, acara pengabdian tetap dilaksanakan melalui zoom meeting dari pukul 09.00 WIB – 12.00 WIB. Peserta yang hadir dalam pengabdian adalah berasal dari anggota AMI DKI Jakarta “Paramita Jaya”.

Tema acara pengabdian masyarakat tersebut tentang pemanfaatan teknologi komunikasi dalam pengelolaan koleksi dan pelayanan museum di masa pandemi  dimana dibutuhkan oleh anggota AMI DKI Jakarta “Paramita Jaya”. Sesi pembukaan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan kemudian sambutan oleh Fajar Akbar, M.Kom dari universitas. Sedangkan sambutan dari mitra diwakilkan oleh Yiyok T. Herlambang, Ketua AMI DKI Jakarta Paramita Jaya. Tidak luput pula telah hadir tamu kehormatan dari AMI yakni Bpk Firman Haris, Wakil Ketua AMI DKI Jakarta Paramita Jaya, serta Ibu Mis Ari, Sekretaris AMI DKI Jakarta Paramita Jaya

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi para pembicara dari Universitas Bina Sarana Informatika. Salah satu pembicara adalah Rawit Sartika, S.Pd, MM selaku Dosen Universitas Bina Sarana Informatika  yang memberikan materi presentasi berjudul “Cara Menggunakan Aplikasi Canva untuk Membuat Desain Slide yang Menarik”.

Materi tersebut dijelaskan canva merupakan tools online untuk membuat berbagai desain, termasuk dalam pembuatan slide presentasi dimana diperuntukkan bagi yang ingin membuat sebuah tampilan desain visual yang statis (tanpa animasi), memiliki kontras yang kuat, serta ingin membuat tampilan desain visual yang harmonis perpaduan antara warna dan font maka dapat mendownload hasil desainnya dalam bentuk image kemudian ditempatkan di power point. Langkah-langkah dalam pembuatannya pun dipaparkan dengan jelas oleh tutor.

Materi slide presentasi dari pembicara dibagikan agar aplikasi canva dipraktekkan juga oleh anggota AMI DKI Jakarta “Paramita Jaya” dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam pekerjaannya yang selalu menggunakan presentasi dimana membantu membuat slide desain yang menarik.. Selanjutnya, para peserta pun diberi kesempatan bertanya pada sesi tanya jawab. Terlihat peserta aktif bertanya seputar materi.

Pada akhir acara, dilakukan sesi dokumentasi baik para panitia maupun peserta. Kegiatan yang berlangsung mulai dari pagi sampai siang tersebut dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Universitas Bina Sarana Informatika berharap agar AMI DKI Jakarta “Paramita Jaya” tetap terus  berlanjut bekerjasama dengan kegiatan-kegiatan lainnya dalam rangka pengabdian masyarakat. Hal ini dikarenakan bermanfaat bagi masyarakat dimana dapat menambah wawasan pengetahuannya serta membantu mempermudah dalam tugas pekerjaan sehari-harinya. (pli)

Leave A Reply

Your email address will not be published.