Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan di Panti Asuhan Yayasan Darussalam Darussalam Depok Timur

0 127

DEPOK BSI NEWS.

Program Studi D3 Sistem Informasi Akuntansi Universitas Bina Sarana Informatika  telah menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Masyarakat di Yayasan Darussalam Depok Timur  dengan memberikan pelatihan kepada santri-santri pesantren pada tanggal 13 Maret 2021, mulai pukul 13.00 hingga pukul 15.00. 

Karena masih dalam masa pandemi, kegiatan ini dilakukan secara daring, menggunakan aplikasi Zoom, namun tetap menghadirkan beberapa perwakilan Dosen dan mahasiswa di lokasi. Yayasan Darussalam Depok Timur adalah sebuah yayasan yang berdiri sejak tahun 1996 oleh Bapak Sumarno dan merupakan yayasan yang bergerak dalam bidang sosial seperti pembiayaan pendidikan dan permakanan untuk anak – anak yatim / yatim piatu. Berlokasi di jalan Kampung Bojong No. 45, Bakti Jaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat.

Yayasan Darussalam menjadi salah satu yayasan yang memiliki akreditasi B (good ) dan terdaftar dalam Dinas Sosial Kota Depok sebagai Lembaga Kesejahteraan Sosial ( LKS ). Yayasan ini memiliki jumlah anak asuh sebanyak 53 anak yang terdiri dari 27 anak laki – laki dan 26 anak perempuan. Yayasan ini dikelola oleh 17 pengurus.

Yayasan Darussalam selain menyelenggarakan kegiatan pendidikan keagamaan, juga mengadakan pelatihan-pelatihan keterampilan kepada santri guna memupuk bakat dan membekalinya dengan ketrampilan tertentu agar nanti siap terjun di masyarakat ataupun dunia kerja.

Guna mendukung program tersebut, maka salah satu bentuk Pengabdian Masyarakat dari   Universitas Bina Sarana Informatika adalah memberikan Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan Untuk Perusahaan Jasa. Para Santri diberikan pengetahuan meliputi . Siklus Akuntansi, Neraca Saldo,  Ayat Jurnal Penyesuaian, Neraca Lajur, Laporan Keuangan,  Jurnal Penutup, Neraca Saldo Setelah Penutupan Buku, Jurnal Pembalik dan Neraca Awal Tahun Berikutnya.

Program pelatihan ini merupakan program yang dipilih karena dianggap penting dan diharapkan dapat memberikan edukasi kepada santri-santri tersebut. Dan juga sebagai  bekal mereka untuk meningkatkan kemampuan mereka untuk berwiraswasta atau untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat juga  dilakukan sebagai wujud dari bagian penerapan Tri Darma Perguruan Tinggi dalam menyusun dan mengembangkan program-program sesuai dengan kebutuhan di masyarakat.Kegiatan ditutup dengan pemberian souvenir bagi para santri dan foto Bersama. (IRR)

Leave A Reply

Your email address will not be published.