Efektifitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Untuk Pelajar Di RT.010/03 Tegal Parang

0 314

Saat ini total terkonfirmasi positif Covid 19 di seluruh dunia telah mencapai ratusan juta kasus. Menangani hal tersebut, setiap negara mencoba menetapkan berbagai kebijakan sebagai upaya memutus rantai penyebaran virus.

Salah satunya negara Indonesia yang menerapkan kegiatan belajar mengajar di lakukan secara daring (online) dengan memanfaatkan berbagai media yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seperti layanan Google Classroom, aplikasi zoom, youtube, group  whatsapp dan lain sebagainya. Namun, tentunya setiap media yang digunakan memiliki tingkat efektifitas pembelajaran yang berbeda.  Hal inilah yang menggerakan dosen Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) mengadakan pengabdian masyarakat mengenai efektifitas pembelajaran daring.

Selain sebagai bentuk memenuhi kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi, tim dosen UBSI juga merasa bertanggung jawab atas tercapainya tingkat efektifitas pembelajaran khusunya bagi mahasiswa UBSI dan para pelajar di RT.010/003 Tegal Parang yang saat ini menjadi peserta pada kegiatan  pengabdian masyarakat, yang telah dilaksanakan hari Sabtu dan Minggu, tanggal 13 dan 14 Maret 2021 lalu di Aula Majlis Ta’lim Sa’adatul Ummahat yang berada di daerah RT.010/003 Kelurahan Tegal Parang, yang dilaksanakan secara offline dan online (Zoom Meeting), dengan mengusung tema “Efektifitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi”.

Pada kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut diikuti oleh kurang lebih 20 orang peserta dari anak-anak warga RT.010/00, sekitar 5 (lima) orang peserta datang langsung ke tempat kegiatan selebihnya melakukan zoom meeting dari rumah masing-masing.

Muhammad Abdul Aziz selaku tutor dalam kegiatan ini menyampaikan bahwa “tingkat efektifitas pembelajaran dapat dikur dari beberapa hal diantaranya kualitas pembelajaran; kesesuaian tingkat pembelajaran; insentif atau seberapa besar usaha pengajar dalam memotivasi pelajar; dan waktu yang dibutuhkan; salah satu media yang tepat yang dapat digunakan dalam menunjang proses pembelajaran adalah youtube.

“Youtube merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat menciptakan kondisi dan suasana pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan interaktif sehingga dapat merangsang ide kreatif dan inovatif bagi pengajar maupun pelajar, serta dapat digunakan setiap saat tanpa dibatasi olah ruang dan waktu selama terhubung dengan internet.” Tutur Abdul Aziz

Selama kegiatan berlangsung, rasa antusias peserta menyambut kegiatan ini dengan sangat baik. Begitupun dengan organisasi Rukun Tetangga (RT) setempat yang juga berpartisipasi dalam menyediakan fasilitas pra sarana yang menunjang dan melakukan pendataan pada peserta. Tidak sampai disitu saja, rasa antusias peserta ditunjukan dengan berbagai macam pertanyaan yang menunjukan rasa ketertarikan terhadap materi yang disampaikan. Panitia memberikan doorprize untuk para peserta workshop yang dapat menjawab pertanyaan dari pembicara atau bisa menjelaskan manfaat media online selama pembelajran daring, serta pembagian cinderamata untuk semua peserta workshop.

Leave A Reply

Your email address will not be published.