IMPLEMENTASI SISTEM MANAJEMEN DONASI PADA ASRAMA ISTANA YATIM YAYASAN KELUARGA MUSLIM THE CASTILLA

0 30

JAKARTA BSI NEWS.

Pengabdian kepada masyarakat ini merupakan salah satu visi dari Tri Dharma perguruan tinggi di Indonesia untuk menngimplementasikan ilmu  para akademisi khususnya dosen kepada masyarakat serta merupakan wujud kepedulian sosial.

Perkembangan teknologi merupakan sebuah tantangan baik bagi invidu maupun lembaga untuk dapat memanfaatkan perkembangan teknologi. Teknologi dapat dimanfaatkan untuk berbagi hal seperti publikasi kegiatan, publikasi berbagi program yang diselenggarakan oleh panti asuhan, penginformasikan mengenai kondisi panti dan kondisi anak-anak asuh, sebagai media dakwah, serta memfasilitasi jika ada donator yang ingin membantu pembiayaan di panti asuhan. Pemanfaatan teknologi, penyampaian  informasi menjadi lebih mudah dan lebih transparan, juga meminimalisir kesalahan dalam kalkulasi dan pembuatan laporan.

Metode pelaksanaan pengabdian Masyarakat Program Studi  Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Bina Sarana Informatika ini melalui on line via Zoom Meeting  mengingat kondisi masih dalam situasi pandemi Covid-19 juga offline,  pada tanggal 20-21 Maret 2021 Ketua pelaksaaan  program Pengabdian Masyarakat   Sri Hardani M.Kom melakukan koordinasi dengan mitra pengabdian masyarakat,   anggota Mohammad Noviansyah ST,M.Kom,  Desy Tri Anggarini, SE.MM dan Wasilatun Nikmah, S.Pd, MM,  dibantu oleh mahasiswa Chaerani,  dan Johan Afrian Ramadha.

Pengabdian masyarakat  Program Studi  Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Bina Sarana Informatika ini terdiri dari tahap persiapan dilakukan dengan meminta izin dan memaparkan jenis kegiatan pengabdian masyarakat kepada para pengurus Asrama Istana Yatim Yayasan Keluarga Muslim The Castilla. Tahap selanjutnya adalah pelaksanaan Program Pengabdian Masyarakat ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan untuk menjalankan solusi dengan memberikan edukasi dan pengarahan pentingnya pemanfaatan teknologi, mengarahkan pengurus untuk dapat memahami kebutuhan manajemen dalam hal pemanfaatan teknologi, memberikan pemaparan mengenai tahapan pembuatan sebuah sistem informasi.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini, diharapkan  pengurus memahami pentingnya pemanfaatan teknologi bagi perkembangan Asrama Istana Yatim Yayasan Keluarga Muslim The Castilla, informasi proses bisnis yang disampaikan pengurus  sesuai dengan kebutuhan manajemen dalam hal pemanfaatan teknologi, dan pengurus mengetahui tahapan pembuatan sebuah sistem informasi.

Setelah Pengabdian Masyarakat selesai dilaksanakan maka dilakukan review terhadap apa yang telah disampaikan. Hal ini bertujuan untuk memahami pentingnya pemanfaatan teknologi bagi perkembangan Asrama Istana Yatim Yayasan Keluarga Muslim The Castilla juga  melakukan review terhadap materi yang sudah disampaikan, setelah Program Pengabdian Masyarakat ini selesai dilaksanakan, akan dikembangkan sebuah sistem informasi yang sesuai dengan kebutuhan Asrama Istana Yatim Yayasan Keluarga Muslim The Castilla.

Leave A Reply

Your email address will not be published.