Pemanfaatan Microsoft Excel Untuk Penyusunan Laporan Keuangan dan Pembelajaran Santri Pada Yayasan Nurul Aitam (Yanuta)

0 207

DEPOK BSI NEWS.

27 Maret 2021, Pandemi Virus Covid – 19 yang sedang melanda Indonesia saat ini berakibat dalam seluruh aktifitas masyarakat, hal ini juga berdampak dalam sektor Pendidikan terutama dalam pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi yang meliputi kegiatan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Pelaksananan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi ini berlandaskan pada Surat Edaran Kementerian Pendidikan Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi perihal Pelaksanaan Penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat Tahun 2020, dimana adanya himbauan kepada semua peneliti dan pelaksana pengabdian masyarakat untuk selalu menenjaga kesehatan dengan memperhatikan aspek keselamatan peneliti, orang lain, serta lingkungan selama pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Berdasar surat edaran tersebut Universitas Bina Sarana Indonesia (UBSI) khususnya Program Studi Sistem Informasi Akuntansi (D3) Fakultas Teknik dan Informatika dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat, sebagai salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh Civitas Akademika melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan secara daring dengan memanfaatkan Learning Management System (LMS), melalui video Conference dengan aplikasi Zoom.

Dalam kesempatan ini Program Studi Sistem Informasi Akuntansi (D3) melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan tema kegiatan Pelatihan Pemanfaatan Microsoft Excel Untuk Penyusunan Laporan Keuangan dan Pembelajaran Santri. Kegiatan ini dilakukan di Yayasan Nurul Aitam (Yanuta) yang beralamat di Jl. Al-Barokah Rt 07/01 No 38A Pangkalan Jati Baru, Kecamatan Cinere, Kota Depok.

Adapun susunan panitia kegiatan pengabdian masyarakat ini, terdiri dari Ketua Pelaksana: Mari Rahmawati, M.Kom., Koordinator Tutor: Rusma Insan Nurachim, M.Kom., Tim Tutor sebagai Moderator: Wangsit Supeno, SE, MM, Tim Tutor sebagai Operator Aplikasi Virtual Meeting: Ade Fitria Lestasri, M.Kom. Serta melibatkan mahasiswi dari Program Studi Sistem Informasi Akuntansi (D3) yakni Saffa Adi Naura, membantu screenshot dokumentasi, Lala Fitriansyah, membantu share presensi panitia dan peserta, Anggi Riantika Dewi, membantu share questioner kepada peserta.

Dalam hal ini, panitia telah menyiapkan materi pelatihan  yang menarik yaitu bagaimana memanfaat fasilitas Microsoft Excel Untuk Penyusunan Laporan Keuangan. Tujuan pelaksanaan pengabdian masyarakat berupa pelatihan Microsoft Excel adalah agar pengurus dapat memahami dan membuat laporan keuangan demi tercapainya kerapihan data keuangan, dan membantu pekerjaannya sehari-hari sehingga dapat memanfaatkan kemajuan teknologi yang selanjutnya secara bertahap mulai meninggalkan pembukuan secara manual.

Dalam proses ini, panita memandu peserta yang terdiri atas para santri Yayasan Nurul Aitam (Yanuta), untuk menambah pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan aplikasi keuangan Microsoft Excel yang sangat membantu untuk menyusun laporan keuangan dengan praktis dan mudah, melalui video conference dengan aplikasi zoom. Para santri yang mengikuti pelatihan nampak senang dan antusias mempraktikan ilmu yang disampaikan tutor dengan menggunakan laptop yang sudah disediakan.

Setelah tutor memberikan penjelasan terkait materi Microsoft Excel, selanjutnya panitia membuka sesi tanya jawab dengan metode diskusi interaktif. Hal ini dilakukan sebagai salah satu evaluasi dari kegiatan pengabdian masyarakat. Pada sesi akhir, peserta diberikan kesempatan untuk menyampaikan manfaat yang diperoleh dalam mengikuti kegiatan ini, dan berharap dapat menerapkannya dalam membantu kelancaran pekerjaan administrasi pembukuan dan menyusun laporan keuangan yang dilakukan para santri untuk kegiatan sehari-hari. Sebagai wujud evaluasi kegiatan pengabdian masyarakat ini, Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) khususnya Program Studi Sistem Informasi Akuntansi (D3), akan tetap melakukan yang terbaik dengan melakukan koordinasi dan evaluasi secara berkala, dengan mempertahankan mutu agar lebih baik lagi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.