Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Digital Marketing Pada Komunitas Umkm Pusat Kuliner Pasar Lama Kota Tangerang

0 323

Tangerang BSI NEWS.

Kondisi Pandemi Covid-19 yang sampai saat ini sudah berlangsung selama 1 tahun lebih di Indonesia. Hal ini sangat berdampak terhadap berbagai sektor terutama di sektor Prekonomi baik di dalam maupun di luar negeri. Salah satu kekuatan ekonomi yang selama ini menjadi penunjang ekonomi negara Indonesia dan kekuatan ekonomi daerah adalah kehadiran pelaku usaha, mikro, kecil dan menengah (UMKM). Pada saat ekonomi dunia dan perekonomian Indonesia mengalami resesi, justru pelaku UMKM tidak sedikitpun tidak terkena dampak negatif resesi ekonomi tersebut, bahkan sebagian besar pelaku UMKM tetap dapat mengembangkan usahanya dalam menunjang perekonomian negara.

Sabtu, 20 Maret 2021, Universitas BSI, Fakultas Teknik dan Informatika mengadakan pengabdian masyarakat di aula kelurahan sukasari Tangerang, dengan tema yang dipilih “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Digital Marketing Pada Komunitas UMKM Pusat Kuliner Pasar Lama Kota Tangerang”. Kegiatan ini dilakukan dalam upaya membantu para pelaku usaha dipasar lama untuk mengenalkan media digital dalam meningkatkan penjualan. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh dosen Program Studi Teknologi Komputer, yaitu Richky Faizal Amir sebagai ketua pelaksana, Bapak Amin Nur Rais sebagai Pemateri , Bapak Bambang Wijonarko sebagai moderator dan  Bapak Petrus sebagai dokumentasi. Dalam pelaksanaan ini di hadiri peserta berjumlah 20 orang, yang berasal dari komunitas UMKM Kuliner di Pasar Lama Tangerang. 

Kegiatan yang dilakukan melalui tatap muka mulai jam 09.00 – 11.30 dengan mematuhi protocol Kesehatan. Acara dibuka oleh moderator yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan ketua pelaksana pengabdian masyarakat yang dilanjutkan dengan sambutan perwakilan dari UMKM Pasar Lama Tangerang Bapak Hendi. Bapak Hendi sangat berterima kasih karena hadirnya bapak ibu dosen untuk memberikan pengetahuan tentang manfaat media digital pada UMKM Pasar lama tangerang, dimana dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa baru sekitar 3% dari pelaku usaha di umkm pasar lama yang menggunakan media sosial untuk membantu proses pemasarannya.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan oleh Bapak Amin Nur Rais, M.Kom dengan menjelaskan berbagai keuntungan menggunakan media digital marketing, khususnya media social sebagai sarananya. Selain itu, peserta juga diperkenalkan tentang Instagram bisnis yang dapat membantu pemasaran secara tertarget dengan tambahan tips membuat konten dan pemanfaatan list building untuk jangka panjangnya.

Dengan berbagai keunggulan dari media social, membuat peserta banyak yang bertanya. Baik bagaimana cara membaca Insight di Instagram, teknis melakukan targeting, sampai bagaimana beriklan dengan adsmanager. Sampai pada akhir acara ditutup dengan do’a penutup dan foto Bersama.

Leave A Reply

Your email address will not be published.