Sosialisasi Tugas Akhir Mahasiswa Administrasi Perkantoran

1 184

JAKARTA BSI NEWS.

Pada Hari Selasa, 30 Maret 2021 telah diselenggarakan kegiatan Sosialisasi Tugas Akhir secara daring dengan memanfaatkan Aplikasi Zoom Meeting. Kegiatan ini ditujukan untuk mahasiswa Administrasi Perkantoran Semester VI. Tugas akhir merupakan mata kuliah yang harus ditempuh oleh mahasiswa Administrasi Perkantoran sebagai persyaratan yang diperlukan untuk kelulusan Program Diploma Tiga dan mendapatkan gelar A.Md.AB.

Ibu Idah Yuniasih, M.Pd selaku narasumber kegiatan ini menyampaikan bahwa “Tugas Akhir sering menjadi momok mahasiswa padahal apabila mahasiswa mengikuti panduan TA, mengikuti arahan dosen pembimbing, mampu mengatur waktu dengan baik pasti mahasiswa akan selesai tepat waktu. Oleh karenanya mahasiswa harus selalu diingatkan dan dimotivasi supaya TA yang disusun merupakan karya ilmiah yang baik dan menarik, jangan sekedar lulus, tapi luluskan dengan bermartabat”.

Dalam paparannya Ibu Idah juga menyampaikan bahwa mahasiswa yang mendapatkan dosen pembimbing dan asisten pembimbing seringkali proses bimbingannya hanya kepada salah satu dosen bukan keduanya padahal kedudukan dosen pembimbing dan asisten pembimbing sama. Jumlah minimal proses bimbingan adalah 8 (delapan) kali bimbingan apabila kurang dari 8 pertemuan maka mahasiswa tersebut tidak diperkenankan untuk maju sidang TA.

Pandemi Covid 19 tentu berdampak dalam berbagai sektor, terutama sektor Pendidikan, kegiatan belajar mengajar belum bisa dilakukan tatap muka atau luring, kegiatan bimbingan TA pun dilakukan melalui daring dengan memanfaatkan berbagai media, seperti Email, Zoom Meeting, WA Grup dll, apabila diperlukan untuk tatap muka maka harus dikoordinasikan dengan pihak kampus dan tentunya harus menjaga protokol kesehatan.

Salah satu alternatif untuk memudahkan mahasiswa yang tidak mendapatkan tempat riset maka Prodi Administrasi Perkantoran memberikan pilihan 2 outline yaitu Studi Literature dan Kuantitatif Pandemi. Kedua outline tersebut tidak mensyaratkan adanya Surat Keterangan Riset namun mahasiswa harus membuat Surat Keabsahan Data. Secara keseluruhana kegiatan berjalan dengan baik dan lancar tanpa kendala, mahasiswa antusias bertanya mengenai judul atau tema-tema tugas akhir. Kegiatan ini ditutup dengan sesi foto bersama.

1 Comment
  1. […] Baca Juga : Sosialisasi Tugas Akhir Mahasiswa Administrasi Perkantoran […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.