Pemanfaatan Jejaring Sosial Sebagai Media Pengembangan E-Warong Pada RPTRA Cipinang Besar Utara (Cibesut)

0 71

Di era serba digital sekarang ini dimana semua hal terkait dengan teknologi dan internet yang terus berkembang menjadikan setiap orang dapat terkoneksi dengan cepat dan mudah. Pemanfaatan layanan jejaring sosial tentu menjadi keharusan dalam upaya untuk mengembangkan bisnis termasuk yang dilakukan E-Warong. Tujuannya adalah untuk memfasilitasi pembangunan jaringan sosial atau hubungan sosial yang memungkinkan pengguna berbagi ide, aktivitas, acara, dan ketertarikan di dalam jaringan individunya masing-masing.  

Atas dasar itulah Program Studi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Fakultas Teknik dan Informatika Universitas Bina Sarana Informatika berkolaborasi dengan RPTRA Cipinang Besar Utara  untuk mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan harapan agar pengelola e-warong dan keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) di lingkungan RPTRA Cibesut Jakarta Timur dapat memanfaatkan jejaring sosial dan menggunakannya dengan sebaik mungkin.

         Sesuai dengan himbauan pemerintah dan juga arahan pimpinan Universitas Bina Sarana Informatika di masa Pandemi Covid 19, maka terkait dengan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat harus dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom yang diadakan pada hari Sabtu, 03 April 2021 dengan tema “Pemanfaatan Jejaring Sosial Sebagai Media Pengembangan E-Warong Pada RPTRA Cipinang Besar Utara (Cibesut)”.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini diketuai oleh Bpk. Dedi Suharyadi dan yang bertindak sebagai tutor adalah Bpk. M. Islahuddin, S.Kom dengan dibantu oleh Bpk. Raden Mohammad Riezky Pahlevi dan (dua) orang mahasiswa Gita Aryandini dan Amalia Mayfriani Putri dari Program Studi Sistem Informasi Akuntansi (D-III) Fakultas Teknik & Informatika Universitas Bina Sarana Informatika. Sebanyak 23 peserta yang mengikuti Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan pengelola e-warong dan keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) di lingkungan RPTRA Cibesut Jakarta Timur. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dimulai pada pukul 13.00 WIB diawali dengan sambutan dari Ketua Pelaksana yang menyampaikan maksud dan tujuan dari kegiatan tersebut.

Dalam pemaparannya Bpk. M. Islahuddin, S.Kom selaku tutor menjelaskan tentang upaya-upaya untuk menciptakan dan meningkatkan kemampuan para peserta dalam memanfaatkan jejaring sosial sebagai media pengembangan e-warong dan juga usaha yang dimiliki peserta. Untuk itu diperlukan suatu cara untuk lebih mengenalkan program ini kepada masyarakat dimana salah satunya dengan memanfaatkan situs jejaring sosial (sosial network sites) yang merupakan sebuah web berbasis pelayanan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil, melihat list pengguna yang tersedia,serta mengundang atau menerima teman untuk bergabung dalam situs tersebut.

Tampilan dasar situs jejaring sosial ini menampilkan halaman profil pengguna, yang didalamnya terdiri dari identitas diri dan foto pengguna. Adapun jejaring sosial yang dibahas disini adalah memanfaatkan Instagram dan Google Bisnis sebagai media untuk lebih mengenalkan e-warong maupun usaha yang dimiliki agar lebih dapat berkembang dan dikenal oleh masyarakat. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini berakhir pada pukul 15.30 WIB dan ditutup dengan doa serta sesi photo bersama.

Semoga kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dapat bermanfaat untuk pengelola e-warong dan keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) di lingkungan RPTRA Cibesut Jakarta Timur. (DSI)

Leave A Reply

Your email address will not be published.