Pengenalan Ecommerce (Bisnis Digital)

0 212

Sabtu, 3 April 2021,   Universitas BSI, Fakultas Teknik dan Informatika mengadakan Pengabdian Masyarakat secara Virtual Meeting menggunakan aplikasi Zoom,  dengan tema “Pengenalan Ecommerce (Bisnis Digital)”. Panitia Pengabdian masyarakat yang merupakan dosen dari Program Studi Teknologi Komputer sekaligus menjadi tutor dalam kegiatan ini. dosen tersebut diantaranya Taufik Rahman, Heri aryadi, Eka puspita dan Ricki sastra selain dosen dalam kegiatan ini juga ikut serta beberapa mahasiswa universitas BSI yang ikut mendukung kegiatan pengabdian pada masyarakat.

Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan tetap berupaya mencegah penyebaran covid 19 maka pelaksanaan pengabdian dilaksanakan melalui penyampaian materi dan pelatihan secara online. Pelaksanaan pengabdian memanfaatkan teknologi virtual meeting menggunakan aplikasi zoom. Peserta dan panitia sebelumnya telah membuat group Whatsapp untuk memudahkan komunikasi sabelum pelaksanaan Pengabdian Masyarakat. Tema pada kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu Pengenalan E-commerce berupa Bisnis Digital.

Tentu saja hal ini berdasarkan kebutuhan dari mitra pengabdian masyarakat. Mitra pengabdian masyarakat pada kesempatan ini yaitu Pengurus dan Anggota Karang Taruna Irepa yang beralamatkan di Jl.Kp.Pintu Air RT07/07 Harapan Mulya Kecamatan Medan Satria Kota Bekasi.  Para pengurus dan Anggota Karang taruna berharap mampu memanfaatkan teknologi saat ini untuk ikut dalam proses bisnis digital sehingga mampu memberikan kesejahteraan untuk organisasi juga individu masing-masing.

Kegiatan Pengabdian masyarakat dimulai dengan pembukaan oleh ketua pengabdian masyarakat bapak heri aryadi dan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh ricki sastra. Materi dimulai dengan memperlihatkan bagaimana perkembangan E-commerce di Indonesia dengan pengguna aplikasi mobile  yang cukup banyak. Dan hal ini menjadi peluang bagai pelaku bisnis.

Ricki juga menjelaskan 90 persen pengguna mempunyai aplikasi belanja pada smartphone nya. Selain menjelaskan pemahaman tentang E-commerce( Bisnis Digital ) juga memperaktekkan pembuatan toko online dimulai dari proses pendaftaran,membuat nama toko, mengisi data toko , menambah product sampai product ditampilkan di toko online.

Kegiatan ini  berlangsung dari pukul 09.00 – 12.00. peserta pengabdian dengan antusias mengikuti praktek pelatihan dan memanfaatkan langsung dalam menjadi pelaku bisnis salah satunya dengan membuka toko online di salah satu marketplace.Kegiatan pelatihan ini diharapkan menjadi langkah awal peserta dalam memanfaatkan bisnis digital dan juga memberikan pengalaman baru yang bermanfaat.Diakhir  pelatihan pihak panitia pengabdian masyarakat yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Universitas BSI Fakultas Teknik dan Informatika memberikan  cendramata berupa dana pengembangan untuk kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan karang taruna Irepa. Dan harapannya kegiatan pengabdian pada masyarakat ini khususnya di Karang taruna Irepa akan terus terlaksana dengan baik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.