Pelatihan Pengembangan Diri dan Karir Remaja di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Al Amanah

0 578

BSI NEWS. Fase remaja merupakan fase yang pasti dilalui oleh setiap orang pada fase ini seseorang akan mengalami banyak perubahan meliputi perubahan fisik, psikologis dan sosial, hal ini dikarenakan masa peralihan anak-anak menjadi dewasa. Fase remaja merupakan fase yang sulit dan kesuksesan seseorang di masa yang akan datang seringkali dipengaruhi oleh keberhasilan seseorang melewati fase remaja ini.

Seyogyanya fase remaja ini mampu dimanfaatkan dengan baik oleh seseorang untuk mengembangkan potensi dan bakat yang dimiliki. Pada Fase remaja seseorang mulai menyadari bahwa mereka memiliki minat dan kemampuan yang berbeda satu sama lain. Ada yang lebih berminat di bidang seni, sedangkan yang lain lebih berminat di bidang olah raga. Demikian juga mereka mulai sadar bahwa kemampuan mereka juga berbeda satu sama lain. Ada yang lebih mampu dalam bidang matematika, sedang yang lain dalam bidang bahasa, olahraga atau seni.

Dengan memahami kemampuan diri sedari awal seseorang mampu merencanakan karir sedini mungkin. Misalkan siswa SMP akan memilih masuk ke SMA atau SMK tentunya kedua hal tersebut perlu dipikirkan dan dipertimbangan sesuai dengan perencanaan karir seseorang, apakah akan lanjut ke perguruan tinggi atau memilih untuk bekerja atau berwirausaha. Begitupula dengan siswa SMA tentunya akan memilih jurusan IPA atau IPS atau Bahasa, harus juga dipertimbangkan nantinya ketika kuliah ingin mengambil jurusan dan perguruan tinggi mana untuk melanjutkan pendidikannya.

Atas dasar tersebut, pada hari Sabtu tanggal 03 April 2021 telah dilaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema “Pelatihan Pengembangan Diri dan Karir Remaja di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Al Amanah dengan total peserta 17 orang yang terdiri dari 10 remaja LKSA Al Amanah, 3 orang perwakilan mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta 4 orang kepanitiaan pengabdian masyarakat.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 jam dimulai dari pukul 09.00 WIB secara online melalui aplikasi zoom meeting, Ibu Idah Yuniasih, M.Pd dalam paparannya mengatakan bahwa untuk menjadi seorang yang sukses sesorang harus memiliki pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang baik. Seringkali seseorang hanya fokus meningkatkan pengetahuan dengan membaca banyak buku tapi lupa untuk memiliki sikap yang baik.

Padahal menurut penelitian di Amerika 90% kasus PHK disebabkan oleh perilaku yang buruk, seperti tidak bertanggungjawab, tidak jujur dan memiliki hubungan interpersonal yang buruk. Seseorang dianggap kompeten atau ahli manakala sudah mengasah ketrampilannya minimal 10.000 jam. Oleh karenanya fase remaja harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mengasah pengetahuan, ketrampilan dan sikap untuk merencanakan karir sesuai dengan bakat, potensi, minat serta kemampuan finansial masing-masing.

Bagaimana cara remaja untuk mengembangkan dirinya salah satunya dengan merubah kebiasan. Remaja harus proaktif, miliki inisiatif, memilih prioritas, mengatur waktu, harus mau bermimpi, bekerja sama dan selalu memotivasi diri dan mengasah potensi yang dimiliki. Harapannya kebiasan yang sudah dilakukan sedari remaja akan terus melekat hingga dewasa. Kegiatan ini diakhiri dengan sesi tanya jawab serta foto bersama. (IDY)

Leave A Reply

Your email address will not be published.