Pembuatan Survey Secara Online Menggunakan Google FormPada Posyandu Seruni

0 386

BSI News. Dalam kondisi pandemi seperti saat ini, banyak kegiatan yang tidak dapat dilakukan secara normal dengan bertemu dan berkumpul yang melibatkan banyak orang dalam sebuah acara. Hal ini dapat menjadi masalah jika harus melakukan pengumpulan data untuk keperluan penelitian maupun keperluan pribadi lainnya.

Walaupun dimasa pandemi tetapi kegiatan untuk Ibu-ibu Posyandu Seruni RW01 juga harus tetap berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat demi menjaga penularan virus corona. Untuk mengurangi kegiatan berkumpul yang tidak bisa dihindari beberapa kegiatan saat ini bisa dikombinasikan antara offline dan online dengan menerapkan kegiatan yang bisa dilakukan dengan daring (dalam jaringan / online).

Misalnya ibu-ibu posyandu dapat mengisi kuesioner dulu melalui online untuk mengisi waktu kedatangan sebelum tiba di Posyandu. Dengan mengisi form online tersebut maka kegiatan berkerumun pada jam yang sama dapat dihindari dan terbagi dalam waktu yang tidak bersamaan. Selaku dosen Teknologi Informasi sudah selayaknya membagikan ilmu kepada masyarakat agar masyarakat juga mengetahui teknologi yang sederhana dan tepat guna.

Universitas Bina Sarana Informatika adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta, yang berusaha selalu mendukung kegiatan pemerintah untuk meningkatkan sumber daya manusia  khususnya di bidang IT. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Sarana Informatika Fakultas Teknologi Informasi Program Studi Sistem Informasi menyelenggarakan kegiatan pengabdian Masyarakat pada tanggal 3 April 2021, berupa PelatihanPembuatan Survey Secara Online Menggunakan Google FormPada Posyandu Seruni Rw.01 Pengayoman Utara II Rt 003/01 Buaran Indah Kota Tangerang, kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan secara daring dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting.

Peserta kegitan pengabdian ini berjumlah 10 orang terdiri dari Pengurus, ketua, sekretaris dan humas Kader Posyandu SERUNI RW. 01 Kelurahan Buaran Indah, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang. Bapak Hardiyan,M.Kom sebagai Kepala Kampus Universitas Bina Sarana Informatika, menyampaikan rasa terima kasih sudah di berikan ijin untuk berbagi ilmu dan waktunya di hari libur menyempatkan mengikuti pelatihan secara online.

Sambutan yang sama juga disampaikan oleh ketua Posyandu Seruni RW01 Ibu,Hj,Mulyati,menyampaikan rasa terima kasihnya sudah diberikan ilmu yang bermanfaat, dan beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan Pengabdian Masyarakat untuk Kader POSYANDU Seruni RW01 sudah sering di undangoleh UBSI dan Peserta sangat antusias di undangan kembali untuk menggali ilmu, ibu ketua juga memhohon maaf bahwa peserta yang mengikuti rata-rata adalah ibu-ibu yang sama sekali belum mengerti tentang teknologi,apalagi saat situasi pandemi covid-19 ini sangat bermafaat sekali.

Sesi pelatihan pertama dimulai Jam 08.00oleh ibu.Jeni Sundara,M.Kom, memberikan materi teori mengenai penjelasan tentang google form dan apa kegunaan serta manfaat dari pembuatan google foorm.

Sesi kedua pelatihan berupa praktek pembuatan Pembuatan Survey Secara Online Menggunakan Google Form yang di sampaikan oleh Bapak Wahyudin,M.Kom, dalam materi praktek menjelaskan bagaimana langkah-langkah pembuatan google foorm dari awal sampai jadi dan bagaimana google form yang telah di buat di kirim ke berbagai unsur yang membutuhkan. Antusias peserta yang mengikuti pelatihan begitu semangat terlihat dari banyaknya pertanyaan dari peserta meski pelatihan dilakukan secara online.

Leave A Reply

Your email address will not be published.