Pengabdian Masyarakat Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan berdasarkan SAK EMKM

0 32

BSI NEWS. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta telah melakukan pengabdian masyarakat bersama para pengurus dan anggota mitra PT Jaya Persada Indonesia yang beralamat di JL. Terusan I Gusti Ngurah Rai No. 4, Duren Sawit, Jakarta Timur. Pengabdian masyarakat ini diikuti oleh program studi S1 Akuntansi UBSI, pada tanggal 3 April 2021 pukul 09.00-13.00 WIB.

Materi dalam pengabdian masyarakat pada semester ini berupa Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan berdasarkan SAK EMKM. Pada kesempatan ini PM diketuai oleh Hasanudin, SE, M.Ak dan sebagai tutor adalah Deasy Novayanti, SE, M.Ak, Rizky Amalia, M.Acc, Abdurrachman, S.E., M.Ak. serta perwakilan dari mahasiswa Akuntansi, yaitu Pipih Novia.

Para pegawai PT. Jaya Persada Indonesia yang hadir menyatakan bahwa mereka belum melakukan pembukuan dengan baik, yang menjadi masalah pada saat akan mengajukan pinjaman modal usaha ke bank. Supaya dapat menjalankan pembukuan  yang baik dan efektif serta efisien, maka para trainee yang merupakan para pelaku ukm yang sedang mengikuti pelatihan di PT. JPI, sangat membutuhkan pelatihan terkait pelaporan keuangan berdasarkan SAK EMKM. Pelatihan akan dilaksanakan secara online menggunakan zoom meeting karena masih dalam kondisi pembatasan untuk melakukan aktivitas berkumpul oleh pemerintah karena masih tingginya penularan Covid-19 dan materinya mengambarkan bagian proses akuntansi dari pembuatan jurnal sampai dengan Laporan Keuangan. 

Diharapkan dengan mengikuti pelatihan ini hasilnya nanti dapat memberikan pemahaman kepada pelaku usaha UMKM dan dapat membuat laporan keuangan yang benar dan akurat dalam pelaporan usahanya.Sebagai Penutup pada acara ini dilakukan dengan pemberian plakat/souvenir dari pihak Universitas BSI, dan juga dilakukan tanya jawab dari hasil pelatihan, serta menyerahkan poster kegiatan pengabdian masyarakat oleh Perwakilan Prodi S1 Akuntansi, Hassanudin kepada pegawai PT. JPI, dan diakhiri dengan sesi foto bersama panitia dan seluruh pengurus sekaligus peserta pelatihan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.