WORKSHOP LITERASI DIGITAL DALAM MENDIDIK ANAK – ANAK TPA AL IHSAN DURI KOSAMBI DI ERA DIGITAL

0 7

BSI NEWS. Tema pelatihan Workshop “Literasi Digital Dalam Mendidik Anak – anak TPA Al Ihsan Duri Kosambi Di Era Digital” ini dipilih oleh Program Studi Penyiaran Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bahasa Universitas Bina Sarana Informatika mengingat di zaman yang serba digital seperti ini cara mendidik orang tua pun banyak perubahan yang dahulu lebih suka bermain bersama anak mereka namun saat ini sudah banyak mengalami perubahan dalam mendidik anak contohnya orang tua lebih mudah memberikan dan mengenalkan teknologi kepada anak dengan alasan agar anak bisa diam dan tidak rewel. Cara ini diakui oleh banyak orang tua agar anak-anak mereka tidak rewel dan tetap diam.

Pengabdian Masyarakat (PM) kali ini kami memilih mitra anak – anak TPA dikarenakan sejak  usia dini terutama bagi anak-anak TPA Al Ihsan Duri Kosambi Jakarta Barat, wajib ada  tatacara  pendidikan  literasi  digital  yang  terstruktur. Penggunakan teknologi digital yang tidak tepat yang diberikan kepada anak-anak bisa menimbulkan efek yang tidak baik bagi kelangsungan kehidupan individu dan sosial mereka. Sekarang ini sudah banyak tempat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memperkenalkan teknologi sebagai media pembelajaran. Beberapa PAUD yang memiliki standar internasional bahkan memberikan tugas dalam bentuk digital. Ambil saja contoh para siswa/i dapat mengerjakan tugas dari gadget mereka dengan melakukan pengunduhan. Dengan alasan itu juga banyak orang tua yang memberikan perangkat elektronik begitu saja pada anak mereka tanpa didampingi.

Anak – anak TPA Al Ihsan Duri Kosambi adalah target yang perlu pembekalan materi dalam memilih dan menggunakan Literasi Digital untuk mendidik dan menunjang pembelajaran selama pandemic covid -19 ini. TPA Al Ihsan ini terletak di Jalan H. Selong RT 07/013 Duri Kosambi Cengkareng Jakarta Barat.

Dengan diadakannya kegiatan pelatihan Workshop “Literasi Digital Dalam Mendidik Anak – anak TPA Al Ihsan Duri Kosambi Di Era Digital” melalui pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat mengajarkan  literasi  digital  karena  lambat  laun  literasi  digital  yang negative akan berefek terhadap watak dan psikologis anak dan remaja.

Mengingat dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19, maka kegiatan Workshop “Literasi Digital Dalam Mendidik Anak – anak TPA Al Ihsan Duri Kosambi Di Era Digital” ini dilaksanakan secara offline dan online. Tim offline bertemu langsung dengan peserta dan tim online lewat aplikasi Zoom membantu mengurus administrasi dan dokumentasi. Namun demikian, acara yang digelar pada hari Sabtu, 03 April 2021 ini tidak hanya berlangsung lancar, namun juga cukup interaktif, antusias, ceria dan ramai. Pelatihan ini berlangsung mulai jam 10.00 – 12.00 WIB tersebut terasa padat dan menyenangkan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.