Pelatihan Pembuatan Design Kreatif Profil Perusahaan Pada Kelompok UMKM Mitra Kampoeng Wisata Bisnis Tegal waru

0 41

Bogor, BSI NEWS 10 April 2021

Kampoeng Wisata Bisnis Tegalwaru merupakan salah satu pelopor pelatihan kewirausahaan di Jawa Barat. Di tempat ini, selain mereka memberdayakan masyarakatnya untuk berbisnis sesuai keterampilan yang diminatinya, seperti membuat kerajinan dari bambu, besi, membuat kue, budidaya tanaman herbal dll, mereka juga membantu proses pemasaran dari produk-produk yang dihasilkan tersebut untuk dijual di wilayah Bogor bahkan hingga ke kota-kota lainnya di seluruh Indonesia.

Melihat besarnya potensi keterampilan yang dimiliki masyarakat setempat, membuat Kelompok Pengabdian Masyarakat (PM) Program Studi Penyiaran, Fakultas Ilmu Komunikasi & Bahasa dari Universitas Bina Sarana Informatika yang diketuai oleh Lukman, S.I.Kom, MM

menjadikan Kampoeng Wisata Bisnis Tegalwaru sebagai mitra Pengabdian Masyarakat pada semester Genap 2021 ini. Kegiatan PM tersebut berlangsung pada hari Sabtu, 10 April 2021 berlokasi di Teras Berkah, Tegalwaru, Ciampea, Bogor. Pada kesempatan ini, kelompok yang juga beranggotakan dosen dari Prodi Penyiaran, diantaranya Syarif Fitri, S.Sn, MM, Selvy M. Widuhung, S.IP, MSi, Lymbarski Caesariano, M.I.Kom serta mahasiswa Lala Anisa (42200287) dan Intan Maulidya (42200186) memberikan materi kepada peserta tentang Pembuatan Design Kreatif Profil Perusahaan. Pelatihan dimulai dari menjelaskan cara membuat konten profil perusahaan yang baik, kemudian bagaimana cara mendesain nya lewat aplikasi sederhana namun dikreasikan sehingga lebih menarik. Dengan adanya pelatihan pembuatan desain kreatif profil perusahaan tersebut, diharapkan para pelaku UKM Kampoeng Wisata Bisnis Tegalwaru dapat dengan mudah merancang dan mendesain material kreatif secara online dan lebih banyak mendapatkan peluang bisnis yang menguntungkan.

Manfaat kegiatan Pengabdian Masyarakat itupun sangat dirasakan, salah satunya oleh Bapak Risnajaya atau yang lebih akrab disapa Aris ini. Sebagai salah satu pelaku wirausaha di Kampoeng Wisata Bisnis Tegalwaru, menurutnya materi yang disampaikan para tutor dari UBSI sangat bermanfaat untuk mengembangkan bisnisnya ke depan. “Kebetulan saya adalah pengrajin wayang golek dengan nama usaha Golek WARIS. Materi yang dipelajari tadi benar-benar saya butuhkan agar produk wayang yang kami buat bisa makin diterima di masyarakat, baik secara nasional maupun international,” ungkapnya.

Ia pun berharap ke depannya UBSI dapat lebih sering melakukan pengabdian masyarakat di Kampoeng Wisata Bisnis Tegalwaru, dan mengangkat materi lain yang bermanfaat bagi pelaku wirausaha disana. “Misalnya bagaimana memasarkan produk kami secara online, atau membuat foto produk yang lebih mendetil lagi,” sambungnya. Sebelum menutup kegiatan, peserta diberikan materi yang sudah dicetak, sehingga mempermudah mereka untuk mempelajarinya kembali saat dibutuhkan. Kegiatan yang berlangsung selama sekitar 1,5 jam tersebut pun ditutup dengan melakukan sesi foto bersama.

Leave A Reply

Your email address will not be published.