penyuluhan internet sehat sebagai media informasi Pada Perumahan Panjibuwono city, Babelan Bekasi

0 56

BSI NEWS BEKASI, 10 april 2021 – Dosen-dosen Universitas Bina Sarana Informatika terutama dosen-dosen dari fakultas Komunikasi dan Bahasa telah melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat ( PM ).  Kegiatan tersebut dilakukan sebagai kewajiban para dosen untuk menjalankan Tri Darma Perguruan tinggi yang dimana setiap dosen diwajibkan untuk melakukan pengajaran, pendidikan dan pengabdian di setiap semesternya.

Selain kewajiban untuk berbagi ilmu yang dimiliki, para dosen juga dengan senang hati melakukan pengabdian tersebut, karena merasa dapat membantu masyarakat menjadi lebih mengerti dan paham tentang ilmu komunikasi.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di perumahan Panjibuwono city, Babelan, Kabupaten Bekasi yang dimana dihadiri oleh ibu-ibu rumah tangga yang sangat antusias untuk hadir dan mendengarkan materi dari kami. Materi yang kami sampaikan kemarin adalah tentang penyuluhan internet sehat sebagai media informasi untuk ibu-ibu diwilayah tersebut. Kerna mengingat masa pandemi seperti ini banyak kegiatan yang beralih ke daring, ibu-ibu dituntut untuk aktif dalam berinternet dan menggunakan media sosial, oleh karena itu kami memiliki inisiatif untuk memberikan pengetahuan tentang penggunaan internet sebagai media informasi, jangan sampai ibu-ibu percaya dengan berita palsu atau hoax. Dan hal ini disambut baik oleh ibu RT sebagai pemberi izin pelaksanaan kegiatan PM di tempat tersebut.

Sayangnya antusias ibu-ibu sebagai peserta kami batasi mengingat dimasa pandemi seperti ini kami hanya mengumpulkan 10 orang ibu-ibu  dan 1 orang ibu RT  sehingga hanya 11 orang peserta yang kami izinkan untuk hadir. Tidak kalah penting protokol kesehatan juga kami laksanakan, setiap peserta menggunakan masker dan kami kasih handsanitizer sebelum masuk ke tempat kegiatan. Selain prokes yang diperketat kegiatan tersebut juga berlangsung dengan live zoom untuk dosen yang tidak hadir dilapangan. Sehingga kegiatan tersebut hanya dihadiri perwakilam dosen dan peserta saja dilapangan dan yang lainya dilakukan melalui zoom.

Pada kegiatan PM semester ini diawali dengan sambutan ketua kelompok, yaitu ibu Mareta Puri Rahastine, S.Sn, M.I.Kom, sambutan dari ibu RT setempat dan materi dibacakan oleh saudara Laurensia Retno. H, M.I.Kom sebagai tutor dan ditutup dengan memberikan pertanyaan kepada peserta sebagai tolak ukur apa yang telah kita sampaikan dapat diterima dengan baik.

Diluar dugaan kami, ternyata peserta sangat antusias untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari kami dan dapat menjawab dengan banar. Melihat antusias ibu-ibu tersebut kami sangat berharap agar semester depan pandemi telah berakhir sehingga kami dapat melaksanakan kegiatan PM dengan lebih maksimal, lebih baik dan lebih bermanfaat lagi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.