Pengabdian Masyarakat Pelatihan Aplikasi Zahir Accounting Versi 6 Untuk Penyusunan Laporan Keuangan Pada TPQ Darul Hikmah

3 56

BSI NEWS. Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) adalah salah satu institusi pendidikan yang sangat penting perannya di masyarakat, dengan aktif melaksanakan kegiatan pendidikan agama Islam bagi para santri, dalam menyiapkan generasi penerus yang berakhlakul karimah dan berkepribadian islami sejak usia dini.

Meskipun saat ini, TPQ bersifat organisasi nirlaba, tetapi dalam aktivitas administratif keuangan, tetap memerlukan sebuah proses penyusunan laporan keuangan yang mudah dipahami, akurat dan dapat dipertanggung jawabkan secara baik kepada pihak-pihak yang memerlukannya, seperti untuk pengurus TPQ, orang tua para santri dan pihak lain yang berkepentingan dengan informasi keuangan tersebut. Pada dasarnya laporan keuangan yang akurat dan baik dapat menunjang pengelolaan TPQ yang baik pula, bahkan dapat mendorong institusi TPQ semakin berkembang pesat.

Berkaitan dengan kewajiban para dosen untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, maka Universitas Bina Sarana Indonesia (UBSI) khususnya Fakultas Teknik dan Informatika, Program Studi Sistem Informasi Akuntansi (D3) secara rutin dan terjadwal melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat. Mengingat pada saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19, pelaksanaan Pengabdian Masyarakat dilakukan secara daring dengan memanfaatkan Learning Management System (LMS), melalui video Conference dengan aplikasi Zoom.

Dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat kali ini, tim dosen Fakultas Teknik dan Informatika, Program Studi Sistem Informasi Akuntansi (D3) berkesempatan memberikan pelatihan dengan tema “Pemanfaatan Zahir Accounting Versi 6 Untuk Penyusunan Laporan Keuangan Pada Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Darul Hikmah”. Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Masyarakat dilakukan kepada para Pengurus Taman Pendidikan Alquran  (TPQ) Darul Hikmah yang beralamat di  Jl. H. Terin RT. 006 RW. 003  Pangkalan Jati Baru, Kecamatan Cinere, Kota Depok,  pada hari Sabtu, tanggal  3 April 2021,  pukul  09.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB. Ade Fitria Lestari, M.Kom. selaku Ketua Pelaksana Pengabdian Masyarakat, menyampaikan bahwa tujuan diadakannya pelatihan Pemanfaatan Zahir Accounting Versi 6 adalah agar para pengurus Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Darul Hikmah dapat memahami pentingnya menyusun laporan keuangan dengan menggunakan cara yang lebih praktis dan mudah, tidak lagi menggunakan cara manual, sehingga dapat membantu dalam proses penyajian laporan keuangan secara akurat dan berguna bagi pihak yang membutuhkannya.

Susunan kegiatan pengabdian masyarakat ini, melibatkan dosen dan mahasiswa yang terdiri dari Ade Fitria Lestari, M.Kom., selaku Ketua Pelaksana, Rusma Insan Nurachim, M.Kom., selaku Koordinator tutor, Wangsit Supeno, MM., selaku tim tutor sebagai moderator, Mari Rahmawati, M.Kom., selaku tim tutor sebagai operator aplikasi virtual meeting. Adapun dari mahasiswi Program Studi Sistem Informasi Akuntansi (D3) yang turut terlibat dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat ini, yakni Saffa Adi Naura, Lala Fitriansyah, dan Anggi Riantika Dewi. Dalam Pengabdian Masyarakat ini, peserta diminta untuk mengisi daftar hadir. Kemudian tutor ibu Rusma Insan Nurachim, M.Kom. yang telah menyiapkan materi pelatihan, memandu pemaparan materi pelatihan melalui video conference dengan aplikasi zoom kepada  peserta yang terdiri atas para pengurus Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Darul Hikmah. Peserta diajak mempraktikan langsung agar lebih memahami tahapan-tahapan dalam proses penyusunan laporan keuangan sejak memasukkan data transaksi keuangan sampai dengan laporan keuangan, menggunakan aplikasi Zahir  Accounting  Versi  6.0. Pada kesempatan ini peserta dapat mengajukan pertanyaan yang dijawab langsung oleh tim tutor.

Mari Rahmawati selaku tim tutor mengatakan bahwa, “Zahir  Accounting  Versi  6.0  dirancang  untuk  mempermudah pengguna dalam menyusun laporan keuangan secara akurat yang berguna untuk mengambil keputusan keuangan kepada pihak-pihak yang memerlukan. Saya merasa senang bisa berbagi pengetahuan tentang ilmu Zahir Accounting ini kepada para pengurus Yayasan Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Darul Hikmah” Secara umum, peserta pelatihan yang terdiri atas pengurus Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Darul Hikmah merasa antusias dengan adanya pelatihan ini, sebab ilmu yang disampaikan oleh tutor akan sangat membantu pekerjaan administrasi keuangan, dan mulai belajar meninggalkan cara manual. Pengurus Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Darul Hikmah, Bapak Romelih HA, S. Ag selaku perwakilan Yayasan Darul Hikmah,  menyatakan bahwa dirinya merasa sangat senang dan bersyukur dengan adanya kegiatan pelatihan ini, karena sangat memberikan manfaat kepada para pengurus dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sehingga bisa melakukan aktivitas yang lebih baik. Pada akhir acara, Ade Fitria Lestari, M.Kom. selaku ketua pelaksana menyampaikan harapannya agar pelatihan ini dapat dipahami dan bermanfaat bagi para pengurus Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Darul Hikmah yang mengikutinya.

3 Comments
  1. […] Baca Juga : Pengabdian Masyarakat Pelatihan Aplikasi Zahir Accounting Versi 6 Untuk Penyusunan Laporan Keuangan … […]

  2. […] Baca Juga : Pengabdian Masyarakat Pelatihan Aplikasi Zahir Accounting Versi 6 Untuk Penyusunan Laporan Keuangan … […]

  3. […] Baca Juga: Pengabdian Masyarakat Pelatihan Aplikasi Zahir Accounting Versi 6 Untuk Penyusunan Laporan Keuangan … […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.