HIMASA KAMPUS KOTA BOGOR GELAR WORKSHOP MENDELEY “MENGELOLA REFERENSI MENGGUNAKAN MENDELEY”

0 31

BSI NEWS. Bogor, 17 April 2021 – Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi Akuntansi (HIMASA) Kampus Kota Bogor telah mengadakan Workshop mendeley dengan tema “Mengelola Referensi Menggunakan Mendeley”.  Dikarenakan Pandemi Covid-19 masih belum mereda maka kegiatan ini dilakukan secara online melalui Zoom Cloud  Meeting. Acara yang digelar pada hari Sabtu, 17 April 2021 ini dimulai pukul 13.00 – 16.30 WIB.  Melibatkan panitia dari anggota HIMASA Kampus Kota Bogor dan peserta yang mendaftar sebanyak 310 orang berasal dari berbagai kalangan Mahasiswa Perguruan Tinggi serta terdapat beberapa dosen yang mendaftar.

            Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dalam mengelola referensi menggunakan Software Mendeley serta meningkatkan kemampuan penulisan artikel ilmiah melalui Software Mendeley. Acara berlangsung cukup meriah dengan banyaknya peserta yang mengikuti kegiatan workshop ini, selain itu acara ini turut dihadiri oleh Ketua Prodi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Kota Bogor Ibu Sri Wasiyanti, M.Kom.

            Acara dimulai dengan pembukaan oleh Moderator Sekar Suciana Harum Dhani yang merupakan Mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika. Dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan sambutan oleh ketua pelaksana Nadia Krisanti. Sambutan selanjutnya dari Ketua Prodi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Kota Bogor Ibu Sri Wasiyanti, M.Kom dalam sambutannya beliau mengucapkan terimakasih kepada panitia telah menyelenggarakan kegiatan ini karena workshop ini sangat penting dalam penyusunan tugas akhir khususnya bab satu ataupun bab dua bagaimana cara pengutipan yang baik dan benar.

            Pada kegiatan workshop mendeley ini menghadirkan narasumber yang berkompeten dibidangnya yakni Ibu Siti Masripah, M.Kom yang merupakan Dosen Universitas Bina Sarana Informatika. Narasumber memaparkan materi yang dimulai dari pengertian referensi, jenis referensi sampai style kutipan. Tidak hanya memaparkan materi mengenai pengutipan menggunakan software mendeley namun, beliau juga mempraktekan secara langsung cara menggunakan software mendeley.

Pada kesempatan sesi tanya jawab, para peserta tidak menyianyiakan kesempatan tersebut. Terdapat beberapa pertanyaan diantaranya dari  Tias Seftheana dari UBSI MARGONDA “Bagaimana jika kita menggunakan jurnal internasional yang berbahasa inggris, apakah boleh di translate terlebih dahulu ke dalam Bahasa Indonesia lalu mengutip dari Mendeley?”. Penjelasan dari Bu Siti Masripah, M.Kom selaku pemateri adalah Boleh di translatekan terlebih dahulu tanpa merubah makna dari isinya. Selanjutnya pertanyaan dari Noor Aswina dari UBSI Salemba.

“Bu saya ingin bertanya kalau menggunakan kutipan langsung berarti kita mengutip smua kalimat yang ada tanpa merubah apapun, tetapi pasti akan terdeteksi plagiarism di turnitin nantinya, itu bagaimana bu untuk menghindari plagiarism?”. Penjelasan dari Bu Siti Masripah, M.Kom selaku pemateri adalah Untuk menghindari plagiarsm diubah sedikit kalimatnya tanpa merubah maknanya. Diharapkan jika mengutip secara langsung dilakukan parafrase pada kalimat tersebut”.

Acara selanjutnya adalah bincang bersama alumni Kak Rahmah Fazriah, A.Md S.I.Ak mengenai pengalaman dalam penyusunan Tugas Akhir dan Kak Rahmah pun menceritakan pengalamannya pada saat sidang Tugas Akhir. Sebagai penutup acara, ditutup dengan sesi foto bersama oleh seluruh peserta dan narasumber. Semoga dengan adanya workshop ini peserta mendapatkan gambaran mengenai Tugas Akhir dan dapat mengimplementasikan mendeley dalam setiap penulisan karya tulis ilmiah. (HIMASA-Kampus Kota Bogor)

Leave A Reply

Your email address will not be published.