Bisnis Kreatif Masa Kini ala Mahasiswa UBSI Tasikmalaya

0 61

BSI NEWS Tasikmalaya. Bisnis merupakan salah satu kegiatan ekonomi yang menjanjikan omset dari kegiatan penjualan barang maupun jasa. Bisnis saat ini merambah ke berbagai bidang diantaranya yang sedang hits saat ini adalah industry kreatif. Industri kreatif ini adalah sebuah bisnis yang mengandalkan ide-ide kreatif untuk menciptakan sebuah karya yang indah dan inovatif sehingga banyak diminati masyarakat. Salah satu contoh indutri kreatif saat ini adalah penciptaan bisnis hampers, souvenir, bouqet bunga, hingga aneka kreasi papercraft.

Salah satu mahasiswa Universitas BSI Tasikmalaya juga mencoba untuk berbisnis dalam bidang industry kreatif ini, dia adalah Tsania Nur’aini Futri, mahasiswa semester 4 Universitas BSI Tasikmalaya ini membuka sebuah bisnis yang diberinama Plural Gift tahun lalu tepatnya dibulan Desember. Plural gift adalah suatu usaha dalam bidang industri kreatif, dimana saya menjual berbagai macam gift yanng bisa dijadikan pilihan. Ciri khas dari plural gift sendiri adalah spesial mini bouquet di setiap giftnya, yang mana mini bouquetnya terbuat dari rangkaian bunga kering dan beberapa rumput liar yang dikeringkan dengan cara diawetkan. Tidak hanya itu Plural Gift juga menawarkan custom handlattering sehingga pelanggan bisa melakukan request tulisan sesuka hati.  Meskipun masih tergolong baru dalam bisnisnya, Plural Gift telah mengikuti ajang kompetisi Wiramuda Business Competition yang diadakan oleh Inkubator Center UBSI dan berhasil meraih penghargaan sebagai best video profile.  

Tsania memilih untuk membuka bisnis dibidang ini karena melihat peluang dilingkungan sekitarnya, minimnya lowongan pekerjaan dan angka pengangguran yang tinggi mendorongnya untuk menciptakan sebuah bisnis yang diharapkan dapat menyerap tenaga kerja baru nantinya sehingga bisa membantu masyarakat lingkungan sekitar untuk mendapatkan pekerjaan. Berbekal niat mulia ini akhirnya dia memutuskan untuk menjalankan bisnis ini. Dengan ide kreatifnya, terciptalah produk-produk gift yang indah dan banyak diminati masyarakat sehingga bisnis ini terus berkembang. Dalam sebuah bisnis tentunya selalu ada kendala, kendala yang dihadapi oleh Tsania adalah belum adanya supplier yang dekat sehingga harus membeli bahan baku secara online. Namun hal tersebut tetap dilakukannya demi konsistensi bisnis yang dijalankan.

“Kunci sukses usaha tidak lain adalah pantang menyerah, banyak orang enggan memulai suatu bisnis karena takut akan kegagalan, maka dari itu kegagalan seharusnnya dijadikan pelajaran. Jangan takut memulai suatu usaha, terus berusaha menciptakan inovasi baru dan mulailah berpikir out of the box, jeli melihat berbagai peluang yang ada. Yakin bahwa usaha tidak akan pernah menghianati hasil” Ujar Tsania

Upaya promosi yang dilakukan dalam bisnis ini yaitu melalui sosial media, marketplace maupun tatap muka langsung, karena tidak dapat dipungkiri bahwa kesuksesan promosi juga akan berpengaruh terhadap perkembangan usaha yang dijalankan. Dengan promosi konsumen akan lebih mengenal produk yang ditawarkan, selain itu stategi yang dilakukan adalah dengan terus menambahkan inovasi/ide baru serta ciri khas tersendiri dari produk yang kita jual, agar terkesan unik, menarik serta berbeda dari yang lain. /*RCB

Leave A Reply

Your email address will not be published.