Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Facebook Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Produk E-Warung Pada RPTRA

0 217

Jakarta Bsi-News

Adanya pandemi covid 19 saat ini  menuntut dunia usaha untuk mampu beradaptasi  agar kegiatan usahanya tetap bertahan dan menjadikan pandemi ini sebagai tantangan untuk mampu merubahnya menjadi peluang. Menyikapi hal ini, dunia usaha memerlukan upaya dalam memasarkan produknya agar usahanya terus dapat diterima dengan baik serta dapat lebih luas di masyarakat, salah satu cara yang dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi. Oleh karena itu para Dosen program studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika mengadakan pengabdian masyarakat dengan tema strategi pemasaran melalui media sosial facebook dalam meningkatkan omset penjualan, hal itu disebabkan karena 81% pengguna media sosial adalah facebook.

Pengabdian masayarakat dilakukan pada hari Minggu tanggal 3 April 2021, dengan dihadiri oleh 21 peserta e-warung yang tergabung dalam RPTRA Cipinang Besar Utara (Cibesut) melalui media zoom meeting pada pukul 14.00-16.00 wib dengan diawali sambutan oleh Bapak Sofyan Marwansyah SE., MM selaku ketua pelaksana yang menyampaikan tujuan dari pengabdian masyarakat ini yaitu agar mampu meningkatkan omzet penjualan melalui facebook yang akan dipaparkan oleh narasumber Bapak Muhammad Islahudin M.Kom. Beliau memaparkan bahwa dalam kondisi covid-19 ini 77% UMKM telah melakukan penjualan secara online, oleh karena itu perlu adanya media sosial dalam memasarkan produk diantaranya dengan menggunakan facebook yang masih sangat diminati oleh masyarakat yaitu 81% dari seluruh pengguna media sosial, selain itu Bapak Islah juga menjelaskan akan pentingnya strategi pemasaran 4P yaitu promotion, place, product, price, yang tidak kalah pentingnya adalah penerapan 4 pilar strategi marketing yaitu keselamatan, ketepatan waktu, kenyamanan dan pelayanan.

Pengabdian masyarakat tersebut dihadiri oleh 15 peserta e-warung yang sangat antusias dalam mengikuti acara tersebut, hal itu terbukti dengan bangaknya pertanyaan yang diajukan oleh peserta e-warung untuk memasarkan produknya dengan menggunakan facebook.

Acara pengabdian masyarakat ditutup oleh moderator dengan memberikan resume dan foto bersama. Webinar ini diharapkan dapat memberikan wawasan tambahan kepada e-waruing untuk memanfaatkan facebook dalam memasarkan produknya sehingga dapat meningkatkan omzet.

Leave A Reply

Your email address will not be published.