Peduli Dosen UBSI Beri Materi Jurnalistik On-Line Kepada Kelompok Ilmiah Remaja Jakarta Timur

0 35

Jakarta Bsi-News

Kegiatan pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bahasa Universitas Bina Sarana Informatika memberi pelatihan Sosialisasi Mengenal Jurnalistik On-Line Kepada Kelompok Ilmiah Remaja Jakarta Timur. Mitra dalam program ini adalah Kelompok Ilmiah Remaja Jakarta Timur yang berlokasi di Jl. Otista Raya No.121, RT.13/RW.8, Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13330, pada Sabtu (24/04/2021).

“Kami memberikan bagaimana mengenai Jurnalistik On-Line sebagai wujud melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai Dosen dan merupakan bagian dari pengabdian masyarakat. Ilmu yang kami berikan ini semoga menjadi ladang amal kami dan bisa bermamfaat untuk teman-teman semua,” kata Ketua Pengabdian Masyarakat, Marlina Rahmi Shinta, S.E, M.M.

Kegiatan pengabdian masyarakat di Kelompok Ilmiah Remaja Jakarta Timur ini diikuti puluhan peserta dari kelompok milineal yang dipandu host yakni Tuty Mutiah, S.I.Kom, M.M dan pemberi materi (tutor), yakni Marlina Rahmi Shinta, S.E, M.M, Arvin Hardian, S.Sos, M.M dan Anisti, S.Sos, M.Si.

Sebagian besar peserta adalah mereka siswa kelas 11 dan 12 dan terlihat sangat antusias terhadap materi yang diberikan. Naila Cantika salah satu peserta menganggap bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat bagi dirinya karena bisa mengembangkan softskill dibidang menulis “saya senang sekali diadakan pelatihan ini, sehingga saya bisa tau bagaimana cara menulis berita yang baik dan benar, kalau saya bisa jadi citizen jurnalis maka bukan cuma pengalaman yang bisa saya dapat tapi juga uang”.

Beberapa materi yang disampaikan dalam pelatihan ini adalah Jurnalistik On-Line (Online Journalism) dimana proses pengumpulan, penulisan, penyuntingan, dan penyebarluasan berita secara online di internet. Media publikasi karya jurnalisme online disebut media online (online media), media siber (cyber media), atau situs berita (news site). Live Report atau PTC (Piece to Camera) atau On Camera atau Stand Up, yangmerupakan aplikasi ilmu jurnalistik yang sering dipakai pada penyampaian berita di media elektronik seperti radio, televisi bahkan streaming online. Live Report kini juga dapat dilakukan bagi Citizen Journalism di media sosial yang mereka punya seperti Facebook, Instagram dan Youtube dengan memanfaatkan fitur terbaru siaran langsung pada masing-masing akun media sosial tersebut.

Arvin Hardian, S.Sos, M.M sebagai pemateri menjelaskan pentingnya kemampuan public speaking selain itu ada beberapa tips dan trik yang disampaikan oleh pembicara untuk menjadi citizen jurnalis yang baik, pertama memperhatikan posisi berdiri didepan kamera, teknik memegang microphone, memperhatikan kecepatan berbicara dan intonasi. Selain itu penggunaan pilihan kalimat untuk membuka laporan menjadi unsur penting untuk mendapatkan perhatian audience, dan terakhir adalah membuat penutup laporan yang merangkum berita yang disampaikan.

Dipenghujung acara Marlina Rahmi Shinta, S.E, M.M selaku ketua penyelenggara mengatakan kepada Kelompok Ilmiah Remaja Jakarta Timur bahwa saat ini sudah saatnya mengenal Jurnalistik On-Line agar dapat mengikuti garis yang telah ditentukan dan tertuang dalam kode etik jurnalistik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.