Trik Menjadi Profesional dalam Bidang Komunikasi

1 176

Jakarta Bsi-News

Komunikasi menjadi bidang yang diprediksi untuk terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi. Dalam rangka peningkatan profesionalisme, Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Bina Sarana Informatika, Jakarta menggelar webinar bertema, “Profesional dalam Bidang Komunikasi”. Kegiatan ini ditujukan untuk para mahasiswa semester satu pada Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Bahasa, Universitas Bina Sarana Informatika. Tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah memberi gambaran kedepannya bagi para mahasiswa untuk belajar dan berkembang menjadi pribadi yang professional dalam bidang komunikasi.

“Kenapa profesionalisme? Karena mahasiswa perlu diberi pondasi yang kuat untuk punya tujuan yang jelas dan focus mau kemana untuk masa depan”, menurut Kaprodi Ilmu Komunikasi, Anisti dalam sambutannya. Penguasaan soft skills dan hard skills yang seimbang sangat penting dalam era saat ini, lanjutnya. Prodi Ilmu Komunikasi mempunyai dua bidang konsentrasi yang sangat diminati, yakni Digital Public Relations dan Broadcasting.

Dr. Leila Mona Ganiem, pakar komunikasi selaku narasumber webinar pada Kamis, 27 Mei 2021 ini menekankan empat keahlian yang sangat penting di abad ke-21 ini adalah berpikir kritis, kreatif, kolaborasi dan komunikasi. Peluang kerja di bidang komunikasi sangatlah luas, diantaranya digital public relations, dimana keahlian bidang kehumasan dipadu dengan penguasaan teknologi digital menjadikan seseorang dapat bekerja secara professional. Komunikasi eksternal dan internal, menjalin hubungan dengan media dan pemerintah, menangani krisis dan menjaga reputasi perusahaan adalah beberapa pekerjaan humas digital.

Sementara dunia broadcasting pun tak kalah menariknya, karena media bergerak seiring pergerakan teknologi komunikasi dan informasi. Broadcasting menjadi keahlian yang diminati anak muda saat ini karena pekerjaanya memberi peluang untuk jalan-jalan, bertemu orang penting, berpeluang mendapat beasiswa dan mendapatkan informasi lebih dulu, tentunya menjadi pekerjaan yang tidak membosankan.

Mona kembali menekankan kepada para mahasiswa baru bahwa saat ini pentingnya belajar pengetahuan teoritis dan teknis, serta bersosialisasi (networking) dan mempraktekkannya dalam bentuk pengalaman (bekerja). Trik menjadi professional di bidang komunikasi menurutnya, antara lain, focus pada tujuan, pahami ilmu komunikasi, update perkembangan terkini, tingkatkan kemampuan bahasa inggris, banyak membaca, mendengar dan menulis, mengasah keterampilan berbicara, memiliki etika dan perilaku yang baik, serta positif dalam menggunakan media social. (YFW)

1 Comment
  1. Akulibur says

    Dari semua itu salah satu yang menurut saya paling penting adalah berpikir kritis 🙂

Leave A Reply

Your email address will not be published.