Ikuti Webinar Software Development, Mahasiswa UBSI Termotivasi jadi Programmer Muda

0 217

Pontianak Bsi-News

Prodi Sistem Informasi Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Pontianak sukses menggelar  Workshop Software Development dengan tema “How To Be a Good Software Developer?”. Webinar ini dilaksanakan secara online melalui Zoom Meeting diikuti 127 peserta terdiri dari mahasiswa semester 4 prodi sistem informasi, Kamis (17/6). Tujuan kegiatan ini agar dapat memotivasi dan menambah wawasan serta pengetahuan kepada mahasiswa, khususnya mahasiswa UBSI.

Webinar kali ini mendatangkan narasumber yang tentunya expert di bidang programming. David Simarmata, merupakan seorang Senior Project Manager di idekite Indonesia. Dimana idekite Indonesia ini adalah salah satu konsultan IT di Kota Pontianak. Kemampuan programming David sudah tidak diragukan lagi terbukti dengan banyak project yang telah dihasilkan dan pengalaman kerjanya yang bergelut di bidang IT.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kampus UBSI Kampus Pontianak, Eri Bayu Pratama, memaparkan bahwa webinar seperti ini sangat penting untuk mahasiswa menambah skill mereka dalam dunia programming.

“Sebentar lagi para peserta kegiatan webinar yang notabene adalah mahasiswa semester 4 akan melakukan Praktik Kerja Lapangan sehingga diharapkan ilmu yang didapat ini bisa jadi bekal mereka saat menghadapi dunia kerja nanti,”ungkap Eri.

Guest Speaker, Muhammad Sony Maulana, selaku Kaprodi Sistem Informasi UBSI Kampus Pontianak, menyampaikan tentang “Software Developer dan Sertifikasi Kompetensi”. Tantangan lulusan Sistem Informasi UBSI Kampus Pontianak sebagai Fresh Graduate akan lebih berat untuk beberapa tahun ke depan.

“Dikarenakan DUDI saat ini membutuhkan “APA yang Lulusan BISA!” BUKAN “Apa yang Lulusan Pelajari!”. Oleh sebab itu perlu sinergi antara ketrampilan yang dipelajari dan diimplementasikan dalam bentuk kompetensi diri sesuai SKKNI,”papar Sony.

“Sangat penting setiap lulusan UBSI tidak hanya memiliki ijazah tetapi juga kompetensi yang sesuai dengan profil lulusan. Karena harapan kami mereka bisa menjadi tenaga terampil yang siap kerja,” lanjutnya.

Sementara narasumber utama, David memaparkan materi mengenai bagaimana mahasiswa bisa menjadi software developer yang baik. Ia menceritakan pengalamannya hingga bisa seperti sekarang.

“Tentunya tidak mudah untuk menjadi seorang programmer, pasti ada tantangan & kendalanya. Namun jika  punya  niat dan motivasi yang kuat maka semua bisa terwujud,” ujar David.

Ia menjelaskan pada dasarnya konsep software development terbagi menjadi tiga yakni Pre-Production, Production dan Post-Production. Pre-Production lebih ditekankan kepada analisis dan identifikasi kebutuhan yang diteruskan ke dalam perancangan/design. Sedangkan production adalah tahapan dimana melakukan coding, implementasi dan testing. Dan post-production yang difokuskan kepada tahapan deployment dan maintenance.

“Ilmu di bangku kuliah itu penting sekali,  sangat terasa berguna ketika sudah bekerja nantinya. Jadi selama menjadi mahasiswa manfaatkanlah waktu sebaik-baiknya, belajar, tekuni ilmu programming hingga menjadi expert,”kata David.

“Di saat merasa stuck, mumet, maka pikirkan kembali motivasi terbesar kita untuk bangkit kembali. Dan cari lingkungan yang linier dengan kita karna akan sangat membantu,  komunitas atau teman-teman yang bergelut di dunia programming juga,”pungkasnya.

Mahasiswa sangat antusias ingin menjadi programmer, terlihat berbagai pertanyaan mereka lontarkan. Di akhir, Kaprodi Sistem Informasi UBSI Pontianak menyerahkan secara simbolis sertifikat penghargaan kepada David Simarmata sebagai narasumber webinar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.