Tips dan Trik Penggunaan Teknologi Digital Sebagai Strategi Marketing Produk UMKM

0 29

Jakarta Bsi-News

Dosen Universitas Bina Sarana Informatika bekerja sama dengan Salimah (Organisasi Massa Persaudaraan Muslimah) PC Beji Depok telah melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat dengan tema “Tips dan Trik Penggunaan Teknologi Digital Sebagai Strategi Marketing Produk UMKM”.

Deklarasi Ormas Persaudaraan Muslimah (Salimah) terbentuk pada tanggal 8 Maret 2000, berangkat dari keprihatinan yang mendalam terhadap permasalahan bangsa di berbagai sektor kehidupan.  Bersama segenap pengurus Salimah yang hingga kini berada di 33 Provinsi, 346 Kota dan Kabupaten, 1.183 Kecamatan dan 285 Kelurahan dan Desa di seluruh Indonesia, serta satu Perwakilan Salimah Luar Negeri di Taiwan. Salimah terus berupaya menjadi salah satu komponen bangsa yang berkontribusi mencari jalan keluar, melalui pembinaan dan peningkatan kualitas perempuan, mengokohkan keluarga dan perlindungan anak. Menyelenggarakan pendidikan, melakukan aktifitas sosial dan membuat usaha di bidang ekonomi, koperasi dan kesejahteraan.

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 19 Juni 2021 Pkl. 10.00-13.30 WIB via Zoom Meeting yang dihadiri oleh 56 peserta yang terdiri dari sekretariat dan anggota UMKM Salimah Depok, ibu rumah tangga, pelaku bisnis, dan umum.

Sesuai dengan tema diatas, Dosen UBSI memaparkan bagaimana penggunaan teknologi media digital untuk memulai suatu bisnis online beserta bagaimana strategi marketingnya dalam hal promosi produknya. Yang terdiri dari 3 Pemateri yaitu Dosen Manajemen UBSI Chanissa Purwaningrum, S.Pd., M.M. membahas tentang Strategi Marketing lalu Dosen Teknik Elektro UBSI Hartana, S.T., M.T. dan R. Deasy Mandasari, M.T. membahas tentang penggunaan teknologi digital melalui aplikasi di smartphone untuk mengedit foto/video sebagai konten promosinya.

Hasil dari kegiatan tersebut yang diperoleh melalui survey daring menyatakan bahwa peserta merasa puas dengan menguasai materi yang telah disampaikan tentang bagaimana membuat konten yang menarik baik melalui foto/video sehingga dapat menjadi salah satu daya tarik customer terhadap suatu toko online khususnya bagi yang baru memulai usaha. Harapannya akan ada lagi kegiatan yang rutin dilakukan seperti ini dan ada bimbingan prakteknya agar UMKM di Indonesia semakin maju dan tidak gagap teknologi. Tidak lupa sebagai apresiasi untuk seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini akan mendapatkan eBook mengenai Digital Marketing, slide Materi, dan e-Certificate.

Leave A Reply

Your email address will not be published.