DOSEN UBSI MEMBERIKAN PENYULUHAN DAN PENERAPAN 5M KEPADA WARGA BEKASI UTARA

0 35

Bekasi Bsi-News

Dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi Dosen Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) mengadakan Pengabdian Masyarakat dengan tema ” Penyuluhan Dan Penerapan 5M (Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, Mengurangi Mobilitas) Kepada Warga Rw 007 Kelurahan Perwira Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekas’’

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan pada hari Selasa – Rabu, 22-23 Juni 2021 dengan permasalahan pada kegiatan ini adalah daerah Bekasi Utara masih berada di zona merah kasus Covid-19 yang berdampak pemberlakuan PPKM mikro pada wilayah ini sehingga kegiatan masyarakat menjadi terbatas, dan adanya arahan dari pemerintah untuk sosialisasi kegiatan menjaga diri dalam pandemi Covid-19 ini dari sebelumnya 3M, menjadi 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas). Oleh karena hal tersebut maka kami para dosen UBSI melakukan PM ditujukan kepada masyarakat Bekasi Utara khususnya di wilayah RW 07 Kelurahan Perwira Kecamatan Bekasi Utara Kota Bekasi untuk melakukan penyuluhan dan penerapan program 5M dari pemerintah agar dapat membantu mengurangi kasus positif Covid-19 serta bisa menjadi wilayah disiplin dalam penerapan 5M tersebut. Solusi yang dilakukan adalah kegiatan penyuluhan langsung yang dilakukan oleh dosen dan 1 orang mahasiswa anggota PM untuk mendatangi satu persatu orang yang ditemui di wilayah RW 07, Kelurahan Perwira Kota Bekasi dengan memberi contoh dan mengingatkan metode 5M tersebut untuk dapat diterapkan oleh masyarakat di wilayah tersebut. Target yang diharapkan bisa tercapai adalah masyarakat lebih mengetahui lagi program pelaksanaan 5M sehingga bisa lebih disiplin dalam penerapan 5M di lingkungan RW, kasus positif berkurang bahkan menjadi nol kasus, daerah Bekasi Utara khususnya Kelurahan Perwira keluar dari zona merah Covid-19.

Kegiatan PM sendiri dilaksanakan dengan metode penyuluhan langsung kepada masyarakat yang ditemui di wilayah tersebut, dengan menjelaskan apa yang harus dilakukan untuk pelaksanaan kegiatan 5M kepada masyarakat, memberikan contoh, serta memberikan beberapa masker dan sanitizer untuk dapat digunakan bagi masyarakat yang membutuhkannya. Adapun materi disampaikan dengan metode ceramah singkat kepada masyarakat, sehingga masyarakat langsung memahami disertai dengan adanya contoh pelaksanaannya. Kegiatan dilakukan dalam 2 hari. Walaupun pelaksanaan Pengabdian Masyarakat ini dilakukan secara ceramah dan diskusi serta praktek kepada masyarakat secara langsung tatap muka, namun dalam pelaksanaannya para anggota PM melaksanakan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan menjaga kebersihan tangan dengan sanitizer serta peserta dalam hal ini masyarakat tidak dikumpulkan dalam 1 tempat tapi anggota PM berinisiatif untuk mendatangi masyarakat yang ditemui di wilayah tersebut.

Para peserta pengadian mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru dari  dosen UBSI yang tergabung dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Beberapa panitia yang terlibat dalam pengabdian ini sebagai berikut Trisna Fajar Prasetyo ST.MT. sebagai ketua pelaksana, Ibu Lela Elvira SE.,MM. sebagai tutor, Anggota Tutor Ibu Wiwik Widiastuti S.Kom serta di bantu oleh mahasiswa Sdr. Iqamul Haq Panigoro.

Dengan adanya pengabdian ini diharapkan masyarakat dapat menerapkan 5M ( Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan dan Mengurangi Mobilitas ). Luararan yang diharapkan adalah pengurangan penyebaran virus di wilayah mitra sehingga menjadi 0 kasus dan peningkatan kedisplinan warga mitra semakin meningkat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.