Dosen UBSI Ajarkan Kelola Keuangan UMKM pada Kampung Caping Pontianak Hanya Melalui Aplikasi Mobile

0 70

Pontianak Bsi-News

Dosen Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Pontianak kembali menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat yang merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pelaksanaan kegiatan kali ini bertempat di Kampung Caping Pontianak Jalan Imam Bonjol, Gg. Mendawai Laut, Bansir Laut, Pontianak Tenggara, Kalimantan Barat, Sabtu (3/7/2021).


Kegiatan pengabdian ini bertemakan ‘Pemanfaatan Aplikasi MoA Barcode and Point Of Sales (POS) Dalam Pengolahan Data Keuangan Usaha Kecil Menengah Pada Kampung Caping Pontianak’. Diikuti oleh 4 orang peserta yang merupakan para pengurus Kampung Caping Pontianak yang dimentori oleh 3 dosen, yakni Lisnawanty, Anna, dan Nurfia Oktaviani Syamsiah serta dibantu oleh 3 orang mahasiswa.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat, Anna menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan pelatihan penggunaan aplikasi MoA Barcode and POS pada para pengurus Kampung Caping Pontianak.

 
“Selain itu, juga untuk memberikan wawasan mengenai pembuatan laporan keuangan bagi mereka yang mengurus UMKM produksi dari masyarakat setempat,” tutur Anna.



Anna melanjutkan, seluruh peserta menerima materi mengenai transaksi keuangan, pembuatan barcode dan dilanjutkan dengan materi penggunaan aplikasi MoA Barcode and POS beserta penginstalannya. Pelatihan ditutup dengan latihan studi kasus untuk mengukur sejauh mana pemahaman terhadap materi.

“Kami ingin memudahkan para pengurus dalam mengolah transaksi penjualan hanya dengan menggunakan smartphone yang dapat mengoperasikan aplikasi android, mulai dari pembuatan barcode hingga penerapan aplikasi,”tutur Anna.

Beni Tanheri, selaku Koordinator Penggerak Relawan Muda Kampung Caping, mengatakan kegiatan ini bagus, sangat sesuai dengan kebutuhan mereka dalam meningkatkan kualitas manajemen produk di Rumah Ide Kampung Caping.

“Kami perlu pendampingan lanjutan, maka dari itu kami sangat berharap pelatihan berikutnya dapat dilaksanakan kembali secara berkesinambungan minimal 6 bulan agar benar-benar bisa diimplementasikan secara maksimal,” ujar Beni.

Beni menyampaikan rasa terima kasih kepada civitas akademika UBSI Pontianak atas pelatihan yang diselenggarakan.


“Semoga pelatihan ini dapat memberikan manfaat positif kepada para pengurus kami berupa wawasan dan keterampilan di bidang IT, serta dapat terjalin kerjasama yang baik antara UBSI Pontianak dengan Kampung Caping Pontianak,” tuturnya.





Leave A Reply

Your email address will not be published.