Dosen Sistem Informasi UBSI Pontianak Latih UMKM Desa Punggur Besar

0 9

Pontianak Bsi-News

Tri Dharma Perguruan Tinggi bukan hanya tanggungjawab mahasiswa, seluruh dosen (pendidik) serta civitas akademika memiliki tanggungjawab yang sama. Bagi seorang dosen setiap semesternye wajib untuk memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Untuk proses pengajaran tentunya sudah otomatis ditentukan dari Perguruan Tinggi homebase dosen tersebut. Sedangkan penelitian dan pengabdian dapat dilakukan secara perorang atau kelompok.

Universitas Bina Sarana Informatika melalui dosen Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Kampus Kota Pontianak senantiasa menjalankan PKM setiap semesternya. Pada semester ini terdapat kelompok dosen yang melakukan PKM di Kantor Desa Punggur Besar Kabupaten Kubu Raya yang berjarak kurang lebih 14 KM dari lokasi Kampus. Tim yang diketuai oleh Muhammad Sony Maulana sekaligus Kaprodi Sistem Informasi Kampus Kota Pontianak mengangkat tema Pelatihan Pemanfaatan Google My Business dan Instagram Promotion Sebagai Sarana Meningkatkan Promosi UMKM di Desa Punggur Besar Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya selama kurun waktu 1 bulan, sejak 5 Juni 2021 hingga 10 Juli 2021.

Tujuan kegiatan PKM ini selain memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi, juga menciptakan kerjasama yang baik antara lingkungan akademik dan Pemerintah Desa dan jajarannya, dimana dosen-dosen Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) dapat menuangkan ide-ide kreatif dan inovatif sebagai pendamping desa dalam mewujudkan program desa mandiri dimulai dengan pembinaan UMKM yang ada dibawah naungan Kantor Desa. “Ucap Sony”

Kepala Desa Punggur Besar Bpk Anwar menyambut baik kerjasama antara UBSI dengan pemerintah desa yang akan dilanjutkan dalam bentuk MoU dan PKS. Untuk proses PKM sendiri beliau menawarkan agar minimal dapat memberikan pelatihan kepada mereka setiap bulannya agar UMKM kami semakin berkembang di era Pandemi Covid 19. Sebagaimana kita ketahui bahwa semenjak Pandemi Covid 19, banyak UMKM yang omzetnya turun hingga gulung tikar. Adanya pelatihan ini membantu masyarakat UMKM kami dalam mengelola pemasaran dengan lebih baik dan memberikan pengetahuan digital. “Ucap Anwar”

Pelaksanaan PKM ini dilakukan secara offline dan dihadiri oleh 10 orang pelaku usaha UMKM di Desa Punggur Besar setiap minggunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, mencuci tangan hingga penggunaan handsanitizer. Materi mengenai Google My Business dan Instagram Promotion disampaikan oleh Ibu Nurmalasari dan Bpk Kamal Reza yang merupakan dosen UBSI Kampus Kota Pontianak sekaligus pelaku usaha di Kota Pontianak. Dimana dengan memanfaatkan Google My Business banyak keuntungan yang didapatkan oleh pelaku usaha salah satunya muncul dengan mudah di halaman pencariaan google dan dapat dilengkapi dengan foto, map maupun waktu buka dan waktu tutup toko. Sedangkan untuk Instagram promotion dapat meningkatkan visitor yang mengunjungi profile ataupun website kita dan dapat dipantau melalui fitur insight.

Leave A Reply

Your email address will not be published.