DOSEN UBSI AJAK ‘EMAK-EMAK’ KAMPUNG CAPING JAGO JUALAN DENGAN SOSIAL MEDIA

0 16

Pontianak BSI-News

Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Kota Pontianak menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan yang dilangsungkan secara berkala karena merupakan salah satu bagian dari Tri Dhamra Perguruan Tinggi. Tim dosen yang melakukan Pengabdian kali ini adalah Windi, Raja dan Ardiyansyah.

Kali ini bekerjasama dengan mitra pengelola UMKM di Kampung Caping  Pontianak Jalan Imam Bonjol, Gg. Mendawai Laut, Bansir Laut, Pontianak Tenggara, Kalimantan Barat, Sabtu (3/7) silam. Bertemakan “Jago Jualan Dengan Sosial Media” para pelaku UMKM diajak memaksimalkan penggunaan sosial media yang telah dimiliki.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat, Windi menjelaskan kegiatan ini bertujuan memberikan pandangan yang lebih luas kepada para pelaku UMKM di Kampung Caping untuk memaksimalkan penggunaan social media yang mereka miliki untuk meraup omset yang lebih baik dari sebelumnya.

“Pelaku UMKM di Kampung Caping didominasi oleh ibu-ibu atau ‘emak-emak’ yang kurang memaksimalkan sosial media yang mereka miliki untuk meningkatkan omset usaha dan penghasilan keluarga,” tuturnya dalam rilis  

Kegiatan diawali dengan pemaparan mengenai peringkat sosial media yang paling banyak digunakan dan efektif untuk promosi penjualan, tips dan trik berjualan di sosial media dan ditutup dengan diskusi bersama mengenai masalah dan kendala yang dihadapi oleh ibu-ibu pelaku UMKM dalam memanfaatkan social media mereka untuk berjualan.

“Dengan pengabbdian masyarakat ini kami berharap emak-emak di Kampung Caping memaksimalkan sosial media untuk peningkatan omset usaha”

Beni Tanheri, selaku Koordinator Penggerak Relawan Muda Kampung Caping menilai kegiatan ini sangat bagus. Sangat sesuai dengan kebutuhan emak-emak dalam mengelola usaha menggunakan sosial media untuk meningkatkan omset.

“Emak-emak memang sering mengakses sosial media, tapi belum paham  menggunakannya untuk mengembangkan usaha mereka, dengan pelatihan ini mempermudah kami koordinator Kampung Caping mengarahkan dan membantu mendampingi mereka meningkatkan omset usaha”, tuturnya.

Harapan juga disampaikan Beni agar pelatihan seperti ini dapat berjalan secara berkala dan dibuatkan kurikulum yang sesuai kebutuhan para pelaku UMKM di Kampung Caping.

“Terima kasih UBSI Pontianak mau berbagi ilmu dengan pelaku UMKM binaan kami yang sebagian besar merupakan emak-emak, semoga kegiatan seperti ini dapat dilanjutkan dan dimaksimalkan pelaksanaan berikutnya secara berkala dengan kurikulum sesuai kebutuhan mereka”, tutupnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.