Peran Digitalisasi Dalam Meningkatkan Kuliatas Pendidikan disaat Pandemi Covid-19

1 1,451

Jakarta BSI-News

Saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia, seluruh aktivitas belajar mengajar dilakukan di rumah. Sistem belajar dengan cara online menjadi pilihan yang alternatif utama bagi semua orang.

Penggunaan laptop dan handphone dilakukan untuk belajar mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga Perguruan Tinggi dengan tujuan agar sistem pembelajaran dapat berlangsung.

Di balik pro dan kontra mengenai sistem pendidikan yang dilakukan secara online yang menguat isu di masyarakat terkait kejujuran nilai yang diperoleh oleh siswa, ketepatan hadir siswa saat pembelajaran berlangsung telah menjadi buah bibir yang tak dapat dihindari.

Kemunculan game online ditengah wabah pandemi covid-19 membawa dampak tersendiri bagi sebagian kasus di Indonesia. Dengan maraknya game online membuat para siswa/i banyak meluangkan waktu untuk bermain game dibandingkan dengan wmenghabiskan waktu untuk belajar.

Lemahnya pengawasan menjadi unsur penting yang harus diperhatikan. Mengingat, dengan pembelajaran via online tidak selalu full sesuai dengan waktu belajar tatap muka.

Namun dibalik kekurangan tersebut sistem pembelajaran secara online sangat berpotensi efektif dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19.  Berbekal handphone dan laptop siswa dapat mulai melakukan proses belajar mengajar.

Dalam sistem pembelajaran online ini siswa/i dituntut agar lebih produktif dan aktif dalam mengerjakan berbagai soal dan materi yang diberikan. Kecepatan sistem informasi melalui media digital sangat membantu siswa/i dalam mencari sumber referensi yang dibutuhkan. Bahkan tidak hanya dapat membantu menjawab soal atau materi yang diberikan, namun juga dengan bantuan digitalissai siswa/i dapat mengetahui berbagai sumber referensi lainnya.

Dikutip dari kompas.com, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim menuturkan  bahwa digitalisasi sekolah merupakan hal yang tidak bisa dihindari juga menilai digitalisasi sekolah adalah salah satu cara mendongkrak kualitas pendidikan di Tanah Air.

“Kebutuhan digitalitasi di sekolah ini adalah suatu hal yang tidak bisa kita hindari dan akan menjadi salah satu cara kita me-leapfrog dalam kualitas pendidikan,” kata Nadiem, mengutip dari Kompas.com, Kamis (22/7/2021).

Oleh sebab itu bijak dalam mengunakan digitalisasi menjadi kunci penting dalam menaikkan kualitas pendidikan di Indonesia, dikala situasi pandemi Covid-19 saat ini.

1 Comment
  1. […] Baca Juga:Peran Digitalisasi Dalam Meningkatkan Kuliatas Pendidikan disaat Pandemi Covid-19 […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.