Menamankam Pendidikan Berkarakter Melalui Sistem Pembelajaran Online

0 6

Jakarta BSI-News

Sebagai seorang tenaga pendidik sudah menjadi kewajiban untuk menciptakan generasi cerdas yang cinta tanah air dan menjadi contoh teladan di masyarakat.  Antara satu orang guru dengan yang lainnya tentu memiliki karakter yang berbeda-beda saat sedang mengajar. Sehingga tidak heran jika mengenal istilah “Pendidikan Karakter”.

Namun disaat pandemi saat ini, peran guru menjadi sangat penting.  Mengingat, sistem pembelajaran yang dilakukan secara online diterapkan sejak adanya pandemi. Tugas dan tanggung jawab menjadi kunci utama agar sistem pembelajaran dapat berjalan secara efektif.

Tentu, antara  masing-masing guru memiliki metode mengajar yang berbeda-beda. Maka tidak heran, jika masin-masing orang memiliki pola pikir yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Berdasarkan pola pikir yang berbeda-beda ini pula, maka hasil pengajaran menghasilkan pembentukan karakter yang berbeda-beda juga. Apa yang kita ajarkan maka itulah yang didapatkan oleh siswa/i yang dididik.

Sampai saat ini, sistem pembelajaran secara online yang memanfaatkan media digital masih terus dilakukan. Hal ini tentunya harus menjadi perhatian, mengingat dengan sistem pembelajaran secara online antara guru dan siswa/i tidak bisa bertatap muka secara langsung, maka jangan sampai ada miskomuniksi dalam menangkap materi yang diberikan.

Apa yang diajarkan maka itu pula yang akan dilakukan. Maka tidak heran jika, apa yang dilakukan setiap hari akan membentuk karakter dari orang tersebut. Oleh sebab itu, pendidikan berkarakter terutama ketika kegiatan belajar yang berlangsung secara online harus diperhatikan.

Pendidikan berkarakter tidak hanya seputar materi pelajaran yang disampaikan, namun juga lebih dari itu kebiasaan yang dilakukan sehari-hari juga termasuk dalam bagian pendidikan berkarakter.

Sebagai contoh, meskipun pembelajaran dilakukan secara online, namun berdoa sebelum belajar juga merupakan bagian dari pembentukan karakter. Contoh lain yakni menanyakan kabar, juga bagian dari pembentukan karakter. Jika dari hal-hal kecil sudah kita lakukan, maka akan menjadi kebiasaan baik bagi orang lain.

Sumber : Kemendikbud RI

Leave A Reply

Your email address will not be published.