Mengenal Pentingnya Akreditasi di Dunia Kerja

0 31

TEGAL BSI-News

Ketika ingin memulai kuliah bagi sebagian besar orang, Akreditasi menjadi salah satu hal penting sebelum memilih suatu kampus atau Perguruan Tinggi (PT). Nilai Akreditasi merupakan salah satu tolak ukur Perguruan Tinggi dalam menjalankan suatu pendidikan yang baik dan bermutu tinggi.

Bagi Perguruan Tinggi (PT) yang terakreditasi oleh BAN-PT pasti sudah tidak diragukan lagi dari segi kualitas dan sistem pendidikannya. Sehingga nantinya, menghasilkan lulusan/alumni yang memiliki kompetensi sesuai dengan standar pendidikan.

Apalagi disaat sekarang ini, saat perekrutan CPNS, fungsi akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi juga diperlukan sebagai syarat umum dalam melamar pekerjaan di institusi pemerintahan tersebut, seperti perekrutan pegawai negeri (PNS), BUMN, perusahaan swasta, hingga multinasional.

Di KotaTegal sendiri, jumlah Kampus atau Universitas di bidang Teknologi/Komputer memang sudah banyak, namun baru sedikit yang sudah terakreditasi.

Salah satu kampus di Tegal yang sudah mengantongi akreditasi adalah Universitas BSI kampus Tegal, dengan Prodi Teknologi Komputer yang sudah terakreditasi “B” oleh BAN PT sejak September 2019, dengan SK 3453/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/IX/2019.

Suleman, selaku Kepala Prodi Teknologi Komputer Universitas BSI kampus Tegal menjelaskan, akreditasi memiliki peranan yang cukup penting, terutama dalam menaikkan kualitas pendidikan.

“Akreditasi sangat penting terutama untuk memacu prodi dan kampus dalam meningkatkan kualitas pendidikan terhadap mahasiswanya,” ungkap Suleman.

Menurutnya, mempertahankan akreditasi dapat dilakukan dengan cara berusaha dan terus meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di kampus, meningkatkan kualitas SDM dan Tri Dharma dari dosen-dosen  yang ada.

Ia menjelaskan bahwa, akreditasi sendiri menjadi kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa, terutama jika nanti mahasiswa tesebut ingin melamar atau bekerja. Tidak hanya itu saja, bagi alumni, akreditasi juga memainkan peranan yang cukup penting serta memiliki nilai kebanggaan.

“Akreditasi menjadi nilai plus bagi prodi dan kampus, bagi mahasiswa, serta alumni, karena memberi nilai tambah, ketika nanti mencari pekerjaan,” pungkas Suleman.

Dengan diperolehnya akreditasi “B”, Suleman berharap dapat menjadikan Prodi Teknologi Komputer Universitas kampus Tegal menjadi lebih baik lagi, baik dari sisi kulitas pembelajaran, pengajaran dan lulusan yang dihasilkan.

“Harapannya, dengan akreditas “B” ini semoga menjadikan kualitas pendidikan di prodi  semakin bagus dan meningkat, serta menambah nilai plus prodi dan mahasiswa ketika nanti lulus,” tutup Suleman.

Leave A Reply

Your email address will not be published.