Pelatihan Keuangan Untuk Usaha Mikro pada Karang Taruna

0 90
Pelatihan Keuangan Untuk Usaha Mikro
Dok. Universitas BSI

Bogor, BSINews – Program Studi (prodi) Sistem Informasi Akuntansi (SIA), Fakultas Teknik dan Informatika (FTI), Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), sukses menyelenggarakan pengabdian masyarakat dengan tema ‘Pelatihan Akuntansi Sederhana Untuk Usaha Mikro Pada Karang Taruna Kecamatan Ciomas’. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring pada Karang Taruna Kecamatan Ciomas, Bogor, Ahad (12/9) kemarin.

Beberapa dosen yang terdiri dari Syahrial Addin, Asrah Tandirerung Ranteallo, Ade Sri Mulyani, Niken Herawati dibantu oleh dua orang mahasiswa memberikan materi pelatihan berupa penyusunan laporan keuangan dengan menggunakan akuntansi sederhana seperti penggunaan fungsi-fungsi pengolahan data, pencatatan transaksi, dan pengolahan data keuangan untuk usaha mikro kepada pengurus Karang Taruna Kecamatan Ciomas.

Syahrial Addin selaku ketua pelaksana mengungkapkan bahwa ketika membuka usaha mandiri, harus dapat untuk mencatat dan menganalisa hasil usaha.

Baca juga: Pelatihan Penggunaan Jejaring Sosial Sebagai Sarana Bisnis UMKM

“Dengan demikian kita harus memahami akuntansi, meskipun hanya secara sederhana/dasarnya saja di mana akuntansi dasar itu sendiri meliputi konsep debit kredit, penjurnalan, pemostingan jurnal ke buku besar, membuat neraca saldo atau neraca percobaan dan menyajikan laporan-laporan keuangan,” ungkap Syahrial dalam rilis yang diterima, Ahad (12/9) kemarin.

Pelatihan pengelolaan data keuangan

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan pelatihan kali ini didasarkan pada permasalahan yang dihadapi oleh para pengurus Karang Taruna Kecamatan Ciomas saat ini dan dengan mengacu pada analisis situasi dalam mengelola data keuangan.

“Melakukan pencatatan akuntansi sederhana dimana sebaiknya bukti transaksi langsung diinput ke dalam excel, dengan terlebih dahulu membuat format jurnal yang dibutuhkan dan tidak perlu dicatat ke dalam buku tulis. Sehingga dapat menghemat waktu dalam menjalankan pekerjaan serta dapat menghemat penggunaan alat tulis dan dapat mengurangi penumpukan sampah jika buku tersebut telah penuh, sehingga akan memudahkan dalam membuat laporan keuangan,” imbuhnya.

Baca juga: Cara Perhitungan & Pelaporan Pajak Penghasilan Bagi UMKM

Sementara itu, Ade Sri Mulyani selaku pemateri menambahkan bahwa pelatihan akuntansi sederhana ini dilakukan untuk membantu para pengurus Karang Taruna Kecamatan Ciomas untuk mengelola data keuangan usaha mikro mereka.

“Diharapkan seluruh peserta dari pengurus Karang Taruna Kecamatan ciomas ini akan mendapatkan pengetahuan mengenai akuntansi sederhana untuk pencatatan usaha mikro dalam mengolah data keuangan mereka, dimana selama ini sering terjadi keterlambatan pada saat penyusunan laporan dikarenakan sering terjadi ketidakcocokan jumlah antara manual dengan excel,” tutup Ade.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.