7 Rumus Excel Dasar, Sobat BSI Wajib Tahu dan Kuasai!

0 997
rumus excel dasar
Ilustrasi, rumus excel dasar

BSINews – Halo Sobat BSI!! Siapa sih yang tidak tahu Microsoft Excel? Aplikasi ini sering kita temui di dunia pendidikan maupun dunia kerja. Hal itu membuktikan bahwa aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi dasar yang sangat penting kalian kuasai.

Maka dari itu, saat di sekolah kalian pasti pernah bertemu dengan materi pembelajaran tentang rumus Excel pada mata pelajaran Informatika. Kini, kemampuan dasar menggunakan Excel juga perlu dikuasai oleh para mahasiswa. Hal ini, berguna untuk memudahkan proses belajar, berhitung, bahkan berguna saat nanti masuk ke dunia kerja.

Apa lagi, sering kita temui banyak lowongan pekerjaan yang mensyaratkan pelamarnya dapat menguasai Excel. Misalnya profesi Akuntan dan Data Analyst, kalian perlu menggunakan Excel untuk mengumpulkan dan mengelola data yang tersedia.

Nah, di dalam aplikasi Microsoft Excel ini terdapat 7 rumus Excel dasar yang wajib kalian ketahui. Kenapa wajib kalian ketahui? Karena 7 rumus ini akan sering kalian pakai di dunia pendidikan ataupun dunia kerja. Seperti apa saja rumusnya? Yuk, simak baik-baik 7 rumus Excel dasar yang wajib kalian ketahui yang dikutip dari laman bintangsekolahindonesia.com di bawah ini!

Baca Juga : Ini Cara Sistem Informasi Akuntansi UBSI Hadapi Era Society 5.0

Berikut 7 rumus Excel dasar yang wajib kalian ketahui

1. Rumus Excel jumlah keseluruhan (SUM)

Ilustrasi, rumus excel dasar – (Sumber: bitlabs.id)

SUM adalah rumus untuk menjumlahkan seluruh angka yang ada di salam sel yang ingin kalian jumlahkan. Contohnya seperti gambar di atas, kalian ingin menjumlahkan angka dari sel A2 sampai A6. Maka rumus yang kalian tulis di sel target adalah:

=SUM(A2:A6)

2. Rumus Excel menghitung jumlah sel yang berisi angka (COUNT)

Ilustrasi, rumus excel dasar – (Sumber: bitlabs.id)

COUNT adalah rumus untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka dari sel yang ingin kalian hitung. Misalkan seperti gambar di atas, kalian ingin mengetahui ada berapa sel yang berisi angka dari sel A1 sampai I1. Maka rumus yang kalian gunakan di sel target seperti berikut:

=COUNT (A1:I1)

3. Rumus Excel menghitung jumlah sel yang tidak kosong (COUNTA)

Ilustrasi, rumus excel dasar – (Sumber: bitlabs.id)

Tidak jauh beda dari rumus COUNT, rumus COUNTA merupakan rumus untuk menghitung jumlah sel. Namun, bedanya COUNTA tidak hanya menghitung jumlah sel yang berisis angka, tapi semua sel yang berisi. Sehingga kalian bisa tahu ada berapa jumlah sel yang terisi atau tidak kosong.

Contohnya seperti gambar di atas, kalian ingin mengetahui ada berapa sel yang terisi atau tidak kosong dari sel A1 sampai I1. Maka rumus yang kalian gunakan di sel target seperti berikut:

=COUNTA (A1:I1)

4. Rumus Excel menghitung rata-rata (AVERAGE)

Ilustrasi, rumus excel dasar – (Sumber: bitlabs.id)

AVERAGE adalah rumus untuk menghitung rata-rata angka pada range sel yang kalian inginkan. Misalnya, seperti gambar di atas, kalian ingin mengetahui rata-rata dari nilai siswa yang ada di sel A2 sampai A10. Maka rumus yang kalian gunakan di sel target seperti berikut:

=AVERAGE(A1:A10)

5. Rumus Excel logika (IF)

Ilustrasi, rumus excel dasar – (Sumber: bitlabs.id)

IF adalah rumus untuk mengidentifikasi data berdasarkan logika tertentu dan biasanya dalam bentuk benar/salah. Contohnya, seperti gambar di atas kalian ingin mengecek apakah angka di sel A1 lebih besar dari angka B1. Jika lebih besar “Benar” dan jika lebih kecil “Salah”. Maka rumus yang kalian gunakan di sel target seperti berikut:

=IF(A1>B1; “Benar”; “Salah”)

6. Rumus Exel mencari nilai terbesar (MAX)

Ilustrasi, rumus excel dasar – (Sumber: bitlabs.id)

MAX adalah rumus untuk mencari angka tertinggi atau terbesar di dalam suatu deretan data yang kalian inginkan. Misalnya, seperti gambar di atas, kalian ingin mengetahui nilai siswa yang terbesar dari sel A2 sampai A10. Maka rumus yang kalian gunakan di sel target seperti berikut:

=MAX(A2:A10)

7. Rumus Excel mencari nilai terkecil (MIN)

Ilustrasi, rumus excel dasar – (Sumber: bitlabs.id)

Keterbalikan dari MAX, MIN adalah rumus untuk mencari angka terendah atau terkecil di dalam suatu deretan data yang kalian inginkan. Misalnya, seperti gambar di atas, kalian ingin mengetahui nilai siswa yang terkecil dari sel A2 sampai A10. Maka rumus yang kalian gunakan di sel target seperti berikut:

=MIN(A2:A10)

Baca Juga : Mengenal Profesi System Analyst Pada Bidang Teknologi Informasi

Nah, itulah 7 rumus Excel dasar yang wajib kalian ketahui dan tentunya masih banyak lagi. Untuk mengetahui rumus Excel lebih lengkapnya kalian bisa mengakses halaman resmi Microsoft di support.microsoft.com. Tetap semangat dan semoga bermanfaat!!(Dinar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.