Pengertian PSDKU, Istilah Kampus yang Ada Di Banyak Tempat

0 1,050
Pengertian PSDKU
Foto : Dokumentasi pribadi (ilustrasi mahasiswa).

BSINews – Masih bingung dengan istilah PSDKU? Apa sih pengertian PSDKU? Jika kalian menemukan istilah penamaan tersebut, mengacu pada lokasi kampus yang sama, namun letaknya berjauhan. PSDKU adalah singkatan dari Program Studi di Luar Kampus Utama. Jadi, PSDKU ini merupakan Program Studi yang diselenggarakan di luar kampus utama atau di daerah lain.

Beberapa kampus atau Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta, membuka Program Studi di Luar Kampus Utama ini. Misalnya, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) yang berlokasi di Jakarta, membuka lokasi di luar daerah Jakarta yang tersebar di beberapa daerah di Pulau Jawa dan Kalimantan.

Baca Juga : Universitas BSI PSDKU Tasikmalaya Gelar Sosialisasi PKM

Pengertian PSDKU

Secara jelasnya, tidak disebut PSDKU, jika wilayahnya terletak berbatasan langsung dengan lokasi kampus utamanya. Menurut pengertian ini, kampus yang berada di luar Jabodetabek, disebut sebagai kampus PSDKU.

Universitas BSI sendiri, punya PSDKU di wilayah Sukabumi, Tasikmalaya, Tegal, Purwokerto, Yogyakarta, Solo dan Pontianak. Dimana notabenenya, tidak berbatasan langsung dengan daerah kampus utama.

Menurut Peraturan dari Kementerian Ristekdikti, membuka PSDKU berarti membuka program studi (prodi) yang sebetulnya sudah ada di kampus utama. Misalnya, Universitas BSI memiliki prodi Sistem Informasi Akuntanis (SIA) di kampus utama lalu juga membuka prodi yang sama di PSDKU Pontianak.

Melihat pada aturan di atas, maka perbedaan antara prodi biasa yang berada di kampus utama dengan PSDKU hanya terletak pada lokasinya. Dengan begitu, PSDKU juga memiliki kurikulum, metode pengajaran, fasilitas dan juga kualitas yang setara dengan prodi di kampus utamanya.

Baca Juga : Pengusaha dan Entrepreneur, Apa sih Bedanya Dua Profesi Ini?

Keuntungan dengan memilih PSDKU, antara lain:

  1. Berkesempatan bisa melanjutkan studi di jurusan favorit yang punya kualitas sama dengan kampus utama tanpa harus merantau ke luar kota;
  2. Persaingan masuk tidak seketat pada prodi yang ada di kampus utama;
  3. Jumlah mahasiswa tidak terlalu banyak, sehingga akan memudahkan kalian lebih fokus;
  4. Fasilitas yang disediakan kebanyakan masih baru sehingga masih sangat nyaman untuk digunakan studi;
  5. Wilayah PSDKU biasanya belum terlalu ramai, sehingga masih sangat nyaman untuk dibuat melanjutkan studi.

Nah, sekarang sudah paham kan, istilah PSDKU beserta keuntungannya. Jadi, jangan ragu untuk memilih kampus, diluar daerah kampus utama tersebut. Tetap Semangat ya.(MKU)

Leave A Reply

Your email address will not be published.