Dosen Universitas BSI Beri Pelatihan Analisis Data Kepada Komunitas Bogor Mengabdi

0 237

Bogor, BSINews –  Kelompok dosen dari program studi (Prodi) Sistem Informasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Bogor melaksanakan pengabdian masyarakat (PM) kepada Komunitas Bogor Mengabdi. Kegiatan ini merupakan salah satu kewajiban yang tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini berlangsung secara daring pada Sabtu (18/9).

Kelompok PM ini mengadakan workshop dengan Sugiono sebagai ketua, serta beranggotakan Dini Nurlela, Priyono, Bilal Abdul Wahid dan dua mahasiswa lainnya. Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penguasaan microsoft excel, dalam menganalisis data ini kepada Komunitas Bogor Mengabdi. Komunitas ini, merupakan wadah pengabdian berbentuk komunitas, bagi para pemuda Bogor, yang punya narasi tentang pemberdayaan pemuda lokal.

Sugiono, selaku ketua menyampaikan jika taget sasaran kegiatan ini sangat tepat. Pasalnya, para pemuda dalam komunitas mengabdi, bisa lebih mudah dalam memasukkan ataupun mengolah data dengan cepat.

“Mereka kan, komunitas yang fokus pada bidang pemberdayaan masyarakat, jadi pasti perlu tahu tentang pengelolaan data. Nah, kami ajari mereka, bagaimana caranya menyimpan dan mengolah data dengan Excel,” Ujarnya saat diwawancarai secara daring melalui WhatsApp, Minggu (19/9).

Baca Juga : HIMASI UBSI Tasikmalaya Gelar Pengabdian Masyarakat” bersama Pengcab Taekwondo Kota Tasikmalaya

Selain itu, ia juga berharap kegiatan ini bisa cukup menambah kontribusi bagi para pemuda Bogor ini, agar lebih efektif dalam melakukan kegiatan kemanusiaan mereka.

“Kegiatan ini diikuti oleh anggota Komunitas Bogor Mengabdi dengan melibatkan tutor dari dosen Universitas BSI yang memiliki kompetensi di bidangnya,” tutur Sugiono.

Pelatihan Analisis Data Cocok Untuk Komunitas Bogor Mengabdi

Sementara itu, disisi lain Priyono, yang menjadi tutor, membawakan materi dengan tema “Analisis Data Dengan Memanfaatkan Fungsi Excel”. Dalam pemaparannya Priyono mengungkapkan jika Data bisa menjadi sumber informasi yang penting.

“Data merupakan suatu sumber daya yang sangat berharga pada saat ini. Berbagai survei dan pendataan dilakukan oleh berbagai instansi baik level nasional maupun level lokal yang terkecil seperti RT atau RW,” ungkap Priyono, saat menyampaikan materinya.

Tanpa adanya analisis data yang baik, maka data tidak dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Dengan analisis dan pengelolaan yang baik maka data bisa memuat sumber informasi untuk menunjang berbagai keputusan agar menjadi efektif dan efisien. Teknik analisis data ini, sangat diperlukan dalam segala bidang, termasuk dalam pengamatan dampak sosial. Sama halnya seperti visi, misi dan program kerja Komunitas Bogor Mengabdi yaitu tentang pemberdayaan sosial dan lingkungan.

Baca Juga : UBSI Memperkenalkan Social Media Engagement di Instagram dalam Pengabdian Masyarakat

Autasya Safira, anggota Komunitas Bogor Mengabdi, mengaku merasa terbantu dengan kegiatan PM tersebut. Selain Komunitas Mengabdi, yang ‘mengabdi’ kepada masyarakat lain, ia juga merasa perlu banyak belajar dan mendapat sharing pengalaman dari orang lain.

“Terima kasih kepada seluruh dosen-dosen Universitas BSI kampus Bogor yang telah membagikan ilmunya. Kami dari Komunitas Bogor Mengabdi terasa sangat terbantu dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat secara daring ini,” ungkap Autasya.

Seluruh peserta yang berasal dari Komunitas Bogor Mengabdi sangat antusias menguikuti kegiatan pelatihan ini. Autasya Safira dan peserta lainnya berharap agar kegiatan bermanfaat seperti ini akan terus hadir dengan tema dan pembahasan lainnya yang lebih menarik

Leave A Reply

Your email address will not be published.