Yuk, Kenali Fungsi Lain Google Drive

1 40
Fungsi Lain Google Drive
Dok Universitas BSI

Jakarta, BSINews – Selama ini mungkin sebagian orang hanya mengenal google drive sebagai media penyimpanan. Namun, lebih dari itu google drive  memiliki fungsi lain seperti dalam keamanan manajemen data menggunakan google drive. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dosen program studi Teknologi Komputer Fakultas Teknik dan Informatika Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengedukasi Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Darul Hikmah, dengan melaksanakam pelatihan manajemen keamanan data menggunakan google drive, yang dilakukan secara online melalui zoom meeting, Sabtu (18/09) silam.

Hanggoro Al Kausar selaku ketua pelaksana kegiatan mengungkapkan, saat ini pengurus DKM Darul Hikmah belum memanfaatkan fitur google drive yang diberikan oleh google, mereka masih sebatas memanfaatkan media penyimpanan internal dengan menggunakan hardisk.

Baca Juga : Ini Kelebihan Google Meet untuk Pembelajaran Secara Online

Oleh karena itu, katanya, kondisi ini tentunya menginspirasinya dan tim, untuk memberikan pelatihan keamanan manajemen data menggunakan google drive. Terlebih disaat kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini,  masih terasa dampaknya bagi dunia pendidikan maupun masyarakat umum. Hal ini tentunya mempengaruhi efisiensi dan efefktivitas kegiatan yang dapat dilakukan.

Hanggoro berkata, kegiatan ini, tidak hanya memanfaatkan perangkat penyimpanan cloud yang  memungkinkan untuk digunakan secara bersamaan. Namun juga, lebih dari itu penggunaan google drive dapat dilakukan terkait dengan sistem keamanannya.

“Seluruh peserta dalam pelatihan ini diberikan pembekalan seputar pemanfaatan keamanan dari google drive sebagai sarana penyimpanan data-data kegiatan yang berhubungan dengan operasional kepengurusan DKM,” ujarnya.

Ia berharap, peserta yang ikut dalam pelatihan ini dapat mengatasi kendala kapasitas penyimpanan internal, kemudahan solusi dalam keamanan data maupun saat kehilangan data.

“Alhamdulillah kegiatan pengabdian masyarakat pada DKM Darul hikmah dapat berlangsung dengan baik dan tetap memperhatikan protokol Kesehatan yang telah ditetapkan. Semoga kegiatan ini dapat terus dilaksanakan secara berkesinambungan sebagaimana harapan dari pengurus DKM Darul hikmah depok,” tutup Hanggoro.

Baca Juga :PEMANFAATAN GOOGLE DRIVE SEBAGAI MEDIA DOKUMENTASI KEGIATAN WARGA KELURAHAN SUKASARI TANGERANG

Sementara itu, Maulana Idrus sebagai salah satu peserta pelatihan mengatakan bahwa, dari kegiatan ini ia dan peserta lain mendapatkan banyak ilmu. Pemanfaatan keamanan google drive sangat membantu dalam menjaga keamanan file, di lingkungan DKM Masjid.

“Dalam mengikuti pelatihan ini saya merasa terbantu dalam mengelola dan menyimpan file secara lebih aman, semoga pelatihan ini dapat terus dilakukan,” kata Maulana. (RDX)

1 Comment
  1. Nur Aisah says

    Betul sekali, dengan gdrive membantu jika ingin menyimpan data yang penting dan sering digunakan

Leave A Reply

Your email address will not be published.