Pentingnya Literasi Digital Bagi Remaja, Agar Terbebas dari Cybercrime

0 163

Literasi Digital

Foto : Pengabdian Masyarakat Literasi Digital 

Jakarta, BSINews – Berkembangnya teknologi yang memengaruhi segala lini kehidupan masyarakat, juga harus beradaptasi dengan perkembangan teknologi agar tidak tertinggal.

Mencermati hal ini, dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) berupaya melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan tema literasi digital yang sedang trend saat ini, pada Sabtu (18/9).

Kelompok pengabdian masyarakat ini terdiri dari dosen yang diketuai oleh Tri Widyastuti dan beranggotakan Ananto Krisna Wardhana, Yudha Febri Al Paksi, dan Irwin Ananta Vidada.

Dalam kegiatan ini, turut serta anggota kelompok dari mahasiswa yang dilibatkan antara lain Nurul Khoirinnisa, Jordaniskus Febriawan, dan Silvilia Cahyaning Sekar Dewi. Mereka membantu semua pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat.

Baca Juga : UBSI Berkolaborasi Dengan Kominfo Gelar Acara Webinar Nasional Literasi Digital

Tri mengatakan, kegiatan program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pandangan dan wawasan mengenai literasi digital dalam pengaplikasiannya pada dunia usaha.

“Khususnya bagi remaja yang tergabung dalam organisasi Karang Taruna RT 14/01, Rusun Lokbin, di Jalan Dharma Wanita 3, Rusun Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat,” tutur Tri, Sabtu (18/9).

Ia menambahkan, mengingat suasana saat ini masih dilanda pandemi covid-19. bentuk pelaksanaan pengabdian masyarakat itu sendiri dilakukan secara berani melalui zoom.

“Meski demikian nomor perwakilan panitia tetap berada di lokasi bersama para peserta dengan protokol kesehatan yang ketat di lingkungan Rusun Lokbin, Rawa Buaya. Hal tersebut memudahkan melakukan upaya koordinasi antara peserta dan tim panitia lainnya,” ujarnya.

Baca Juga : Kontribusi dan Peran Mahasiswa UBSI pada DUDI dengan Literasi Informasi

Ia memaparkan, melalui pelaksanaan kegiatan workshop ini, diharapkan dapat memberikan pengetahuan bagi peserta terkait bagaimana cara memulai dan mengelola suatu bisnis.

“Tahap pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat adalah memberikan lokakarya mengenai pentingnya berwirausaha, memberikan kuesioner mengenai jiwa berusaha, membangun ide berwirausaha dan rencana membuat usaha,” jelasnya.

Pengabdian Kepada Masyarakat Literasi Digital

Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema literasi digital, diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan jumlah remaja-preneur yang memanfaatkan teknologi dan mengembangkan lapangan kerja baru.

“Kemampuan literasi digital ini tidak hanya berpaku pada kemampuan dalam mengoperasikan perangkat komputer, tetapi juga disertai dengan kemampuan memahami, mengolah dan mengaplikasikan informasi secara tepat dalam berbagai bentuk,” pungkasnya.

Baca Juga : Halal Bi Halal UBSI Kampus Pontianak 2021 dengan Tema “Skill Penting di Era Literasi Digital”

Lanjutnya, dengan adanya kemampuan literasi digital, mereka cenderung memiliki kemampuan untuk berpikir kritis dan kreatif serta memiliki pola pemikiran yang berbeda. Sebab tidak adanya keterbatasan dalam mendapatkan pengetahuan.

Di sisi lain, Irwin menyambut baik dengan adanya keterlibatan mahasiswa beserta dosen Universitas BSI hadir bersama dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini. Apa lagi sasaran mitra kali ini merupakan remaja.

“Para remaja yang berhasil memiliki kemampuan literasi digital yang baik akan mampu menerima dan mengolah informasi, serta mampu menerapkan informasi tersebut secara benar. Sehingga sebagai bagian dari masyarakat tidak mudah menerima informasi yang tidak benar-benar serta mampu menghindari resiko terjebak dalam kejahatan dunia maya,” ujar Irwin, Sabtu (18/9).

Ia menjelaskan, berikut adalah beberapa manfaat literasi digital pada lingkup organisasi karang taruna diantaranya menggunakan media Internet untuk menggalang dana atau donasi dan penggunaan media sosial untuk sarana promosi penjualan atas produk yang dihasilkan oleh karang taruna. (Eka)

Leave A Reply

Your email address will not be published.