Dosen FTI Laksanakan Kegiatan Tri Dharma

1 4

Depok, BSINews — Dosen FTI (Fakultas Teknik dan Informatika) dari Program Studi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi melaksanakan kegiatan tri dharma perguruan tinggi dalam bentuk pengabdian masyarakat. Kegiatan tri dharma ini wajib dilakukan setiap semester.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat kali ini dilakukan bagi anak asuh di Yayasan Panti Asuhan Ar Ridho Depok yang beralamat di Jl Caringin No 13 Pancoran Mas Depok Jawa Barat, Minggu (26/9).

Baca juga: Pengabdian Masyarakat Pelatihan Aplikasi Zahir Accounting Versi 6 Untuk Penyusunan Laporan Keuangan Pada TPQ Darul Hikmah

Dosen FTI Laksanakan Pengabdian Masyarakat

Masih dalam suasana pandemi Covid-19 tidak mematahkan semangat bagi dosen FTI dari Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) program studi Sistem Informasi (SI) dan Teknologi Informasi (TI) untuk terus menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat ini. Dengan adanya aturan pembatasan kegiatan masyarakat yang ditetapkan oleh pemerintah guna mengurangi jumlah penyebaran Covid-19, untuk itu pelaksanaan kegiatan dilakukan secara hybrid, sebagian menggunakan media zoom video conference dan beberapa orang dosen FTI datang ke tempat pengabdian.

Peserta kegiatan pengabdian ini terdiri dari anak usia sekolah tingkat menengah pertama sampai menengah atas. Untuk itu beberapa dosen FTI dari Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) yang diketuai Fintri Indriyani dibantu oleh Eni Irfiani, Syaiful Anwar, Ali Haidir, beserta rekan mahasiswa Bagus Hariyanto, Milleny Ribka, dan Wendi Cipto Dwi Nugroho  serta Syahiena Maulana Syaputra. Kegiatan pelatihan berupa cara mengedit sertifikat vaksin seukuran KTP di Ms Word dan proses laminating menggunakan kertas PVC.

Fintri Indriyani mengatakan pelatihan ini ditujukan bagi anak panti asuhan YPA Ar Ridho Depok agar dapat mencetak sendiri kartu vaksin jika dibutuhkan dan dapat belajar cara membuat kartu lain semisal kartu nama, kartu ucapan dan lain sebagainya.

“Untuk memberikan kemandirian dalam membuat kartu sehingga terhindar dari penyalahgunaan data pribadi jika dicetak orang lain,” ujarnya dalam rilis yang diterima, Senin (28/9).

Meskipun pelaksanaan kegiatan yang telah dilakukan oleh dosen FTI terbatas namun tetap menjaga protokol kesehatan, antusias dari anak asuh yang berjumlah 19 orang untuk mengikuti pelatihan sampai selesai.

Baca juga: Prodi Penyiaran Gelar Pengabdian Masyarakat “Pengenalan Teknik Dasar Fotografi Dan Videografi

Berdasarkan hasil kuesioner yang diisi oleh peserta pelatihan didapatkan seluruh peserta pelatihan merasa puas terhadap penyampaian materi dari tutor, kebutuhan materi untuk menambah wawasan, modul materi serta penyediaan peralatan kegiatan sangat memadai dan peserta berharap kegiatan ini dapat terselenggara dilain waktu.

Diharapkan setelah kegiatan pelatihan diberikan, anak asuh di panti asuhan YPA Ar Ridho menjadi lebih memahami tentang cara mudah membuat berbagi kartu ucapan, sehingga dari pelatihan ini nantinya dapat dijadikan bekal membuka peluang usaha seperti jasa pembuatan kartu ucapan, kartu undangan, kartu nama ataupun yang lainnya. (UMF)

1 Comment
  1. Ali H says

    Alhamdulillah, Semoga Bermanfaat untuk Generasi Muda, Tetap Semangat dan terus menerapkan Protokol Kesehatan, Semoga Pandemi Covid 19 segera menjauh dari bumi pertiwi. aamin

Leave A Reply

Your email address will not be published.